Nadiem Paparkan Penyesuaian Passing Grade PPPK Guru 2021, Cek di Sini

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 08 Okt 2021 13:15 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim rapat bareng Komisi X DPR. Dalam pemaparannya, Nadiem menjelaskan soal seleksi PPPK guru atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Pengumuman seleksi ASN PPPK Guru 2021 pada rencana sebelumnya diumumkan pada 24 September 2021. Namun, pihak Komisi X DPR RI meminta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Nadiem Makarim untuk melakukan penundaan sehingga hasil seleksinya baru dapat disimak hari ini, Jumat (08/10/2021).

Penundaan tersebut berkaitan dengan adanya keberatan dari guru-guru honorer karena passing grade PPPK Guru 2021 dianggap terlalu tinggi. Mereka meminta untuk nilai ambang batas ini ditinjau ulang atau diturunkan.

Hasil penyesuaian passing grade untuk tes ASN PPPK Guru 2021 diumumkan oleh Nadiem pada siaran virtual Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru ASN PPPK Tahap 1 yang di kanal YouTube Kemdikbud RI pada Jumat (08/10/2021). Pada momen ini, Nadiem sekaligus menyampaikan jumlah peserta lolos PPPK Guru tahap 1.

Ada 173.329 peserta guru honorer yang lolos di tahap ini. Jumlah tersebut didapatkan dari 322.665 formasi guru ASN PPPK yang mendapatkan pelamar, sehingga kini ada 53,7% formasi yang telah terisi.

"Dari 506.252 yang ada, hanya 322.665 formasi yang dilamar oleh para peserta pada saat ini. Ada sekitar 183.587 formasi yang belum terpenuhi. Yang belum terpenuhi ini Kebanyakan di mana masih belum cukup gurunya yang menjadi pelamar untuk bisa mengisi posisi-posisi tersebut," jelas Nadiem.

Pada tahap pertama ini, fokus seleksi adalah untuk guru-guru negeri di daerahnya dan di sekolahnya sendiri. Maka, menurutnya akan terus dimaksimalkan pada tahap kedua dan ketiga.

Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, pemerintah menetapkan sejumlah ketentuan afirmasi yakni, tambahan 100% tambahan nilai bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Lalu, bagi yang usianya di atas 35 tahun ada tambahan nilai 15%.

Untuk penyandang disabilitas ada tambahan nilai 10% dan terakhir guru honorer THK-II mendapatkan tambahan nilai sebesar 10%.

Seperti disebutkan sebelumnya, pihak Kemendikbudristek dan Panselnas kini telah memberikan sejumlah penyesuaian passing grade pada seleksi ASN PPPK Guru 2021. Rinciannya ada di bawah ini.

Penyesuaian Terbaru Passing Grade ASN PPPK Guru 2021

1. Untuk guru-guru dengan usia di atas 50 tahun, ada tambahan 100% dari nilai maksimal kompetensi teknis.

2. Untuk usia di atas 50 tahun, tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal manajerial-sosiokultural dan wawancara.

3. Semua peserta seleksi, ada tambahan nilai 10% dari nilai maksimal kompetensi teknis.

"Banyak sekali guru-guru honorer menilai dan menyuarakan aspirasinya ke saya setelah saya datangi di berbagai macam daerah, bahwa nilai kompetensinya ini cukup sulit. Jadi, kami (Kemendikbudristek) dan Panselnas telah memutuskan untuk memberikan tambahan afirmasi bonus poin 10 persen," imbuh Nadiem.

Menurut Nadiem, tahun depan juga masih akan ada ronde-ronde seleksi berikutnya. "Dan tahun depan pun, akan ada ronde-ronde lagi," ujar Nadiem.

Bagi yang tidak lolos passing grade maupun formasi, Nadiem meyakinkan bisa ikut seleksi kembali di tahun ini maupun tahun depan. Teruntuk guru honorer yang lolos passing grade, tetapi tidak lolos formasi, ia menyebutkan ada optimalisasi formasi di tahap kedua dan ketiga agar para guru tersebut bisa mendapatkan formasi.

Bagi yang lulus passing grade, bisa ikut registrasi tahap dua dan tiga tanpa mengambil tes ulang, Tetapi, jika ingin mencoba mendapat nilai lebih tinggi, maka bisa ikut tes lagi sehingga ranking seleksi formasi bisa lebih tinggi.

"Tapi kalau dia sudah percaya diri dengan angka yang sebelumnya dan ingin ikut registrasi ronde kedua, ya tidak pula mengambil tes seleksi lagi. Itu adalah keputusan dari masing-masing guru honorer," kata Nadiem.

Para peserta yang ingin melihat hasil seleksi ASN PPPK Guru 2021 dapat melakukannya di gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/ dan hasilnya sudah bisa dilihat pada Jumat 8 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB.

Simak Video "Tangisan Guru Honorer di Hadapan Nadiem Gegara Honor Rp 100 Ribu/Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia