Alasan Orang Tua Pilih Anak Masuk Sekolah: Hindari Emosi-Darah Tinggi

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 04 Okt 2021 11:10 WIB
Sekolah Tatap  Muka di SDN Meruyung, Depok, Senin (4/10/2021)
Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom/Alasan Orang Tua Pilih Anak Masuk Sekolah: Hindari Emosi-Darah Tinggi
Jakarta - Pemerintah Kota Depok mulai mengizinkan sekolah tatap muka terbatas pada hari ini, Senin (4/10/2021). Termasuk di SDN Meruyung, Kota Depok, Jawa Barat, beberapa orang tua murid memilih anaknya untuk segera masuk sekolah daripada belajar dari rumah.

Menariknya, alasan beberapa orang tua adalah menghindari marah-marah hingga darah tinggi. Salah satu orang tua bernama Kusmiati pada dasarnya ingin anak segera masuk sekolah karena ingin sang anak mendapatkan pengajaran yang lebih baik.

Sebab, ia sebagai orang tua sering terpancing emosi saat mengajar sang anak di rumah. Sehingga, ia menilai guru di sekolah lebih baik dalam hal belajar-mengajar dibanding bila dirinya yang mengajar.

"Untuk masa depannya juga, kalau di rumah kan takutnya bete, kan tahu sendiri kalau ngajarin anak-anak darah tinggi. Ya ada sedikit (kesulitan), kadang susah pelajaran, apalagi anak saya yang SMP saya harus teriak-teriak, jadi semoga dapat pelajaran lebih baik dari gurunya daripada ibunya, malah emosi padahal anaknya santai-santai," ungkap Kusmiati kepada detikEdu, Senin (4/10/2021).

Sama halnya dengan Kusmiati, orang tua murid lainnya bernama Dewi berharap agar sang anak bisa lebih fokus belajar bila berada di sekolah. Sebab, ia mengaku mudah panik dan tak sengaja memarahi sang anak bila mengajar di rumah.

"Mungkin anak kalau sama orang tua nggak begitu ini ya, masih ada manja-manjanya, kalau sama gurunya mungkin lebih merasa jauh fokus. Kalau sama saya sudah saya cepat panik, belum lagi bebenah yang lain, kasian juga tahu kalau saya marahin itu saya kasihan, nyesel, saya menghindari marah kalau ngajarin," kisah Dewi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Meruyung Maman mengaku semua murid yang masuk sekolah pada hari ini telah mendapatkan persetujuan dari orang tua murid. Bahkan, izin orang tua juga diminta untuk ditulis dan ditandatangani di atas materai.

"Semua yang datang ini sudah mendapatkan persetujuan. Mereka juga tanda tangan di atas materai ya," terang Maman.

Simak Video "Bekali Anak dengan 'Alat Perang' saat Sekolah Tatap Muka"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia