Dear Siswa, Ini 5 Tips Jelang UTS yang Harus Diketahui

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 07:00 WIB
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menjadi pengawas ujian di SD perbatasan. Motivasi pun turut diberikan kepada siswa sebelum ujian dimulai.
Foto: Dok. Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim/Dear Siswa, Ini 5 Tips Jelang UTS yang Harus Diketahui.
Jakarta - Ujian Tengah Semester (UTS) kini tengah dihadapi para siswa di berbagai jenjang pendidikan. UTS biasa dilasanakan pada bulan ketiga setelah jadwal masuk siswa di semester baru.

Layaknya tes yang lain, UTS bisa bikin stres dan deg-degan. Persiapan biasanya telah dilakukan siswa, namun jelang ujian ada saja gangguan yang mengakibatkan fokus siswa berisiko terganggu.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan menjelang UTS supaya tetap tenang, fokus, dan tidak terganggu lingkungan sekitar. Tentunya beberapa tips ini sangat mudah diterapkan dan tidak ribet.

5 tips jelang UTS buat siswa

1. Belajar

Tentu saja jika akan melaksanakan UTS, belajar merupakan hal yang penting. Hal yang perlu diingat dalam belajar adalah tidak menggunakan sistem kebut semalam (SKS). Cicilah belajar UTS jauh-jauh hari agar dapat memahami materi-materi yang akan keluar saat UTS.

2. Membuat jadwal

Manajemen waktu dalam menghadapi UTS merupakan hal yang baik. Buatlah manajemen waktu sebaik mungkin agar belajarmu dalam menghadapi UTS sangat kondusif. Bagilah waktu untuk belajar, bermain, dan aktivitas harian lainnya.

3. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan menjelang UTS merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan makan-makanan yang bergizi, minum vitamin, serta rutin berolahraga agar tetap sehat dan siap menghadapi UTS dengan tubuh yang prima.

4. Membuat catatan kecil

Catatan kecil ini bukan contekan lo ya. Melainkan materi yang kalian tulis ulang dengan bahasa sendiri agar lebih mudah dipahami. Dengan catatan yang ditulis dengan bahasa sendiri siswa akan lebih mudah diingat dan memahami poin-poin yang ditulis.

5. Berdoa

Setelah melakukan semua hal di atas, yang terakhir adalah berdoa. Berdoa merupakan hal yang paling penting dari semua usaha yang sudah kalian lakukan. Setelah semua persiapan dilakukan dengan matang, jangan lupa berdoa Tuhan yang Maha Esa agar kamu diberi kelancaran dalam menghadapi UTS.

Nah itu tadi adalah tips sederhana menghadapi UTS detikers. Jadi jangan lupa diterapkan ya!

Simak Video "Momen 90 Pelajar di Nigeria Bebas Usai Diculik Kelompok Bersenjata"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia