94 Ribu Peserta Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 1

Kristina - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 13:15 WIB
Mendikbud Nadiem Makariem melakukan rapat kerja dengan Komisi X DRI. Rapat tersebut membahas perkembangan program 1 juta PPPK Tahun 2021.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan, berdasarkan hasil ujian seleksi pertama, sekitar 94 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK.

"Berdasarkan seleksi pertama saja ya, sekitar hampir 100 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Raker Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek RI, Kamis (23/9/2021).

Nadiem mengatakan, saat ini pengelolaan data hasil ujian seleksi pertama masih terus berlangsung. Finalisasi hasil ujian masih dalam proses diskusi oleh pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Akan tetapi, sekitar 29% dari 326.476 formasi yang ada pelamarnya sudah terisi.

"Dari 30% itu terisi, jadi saat ini yang 100 ribu itu mewakili 30% dari 326 ribu formasi yang ada pelamarnya. Sayangnya ada formasi sisanya yang tadi 179 ribu yang tidak ada pelamarnya nah itu yang harus kita usahakan bersama," ujar Nadiem.

Nadiem yakin, pada seleksi tahap kedua dan ketiga akan lebih banyak lagi guru yang akan diangkat sebagai PPPK Guru 2021.

"Alasannya banyak, mereka banyak yang lebih pastinya tentunya sudah mengetahui tes yang pertama, tes kedua biasanya angkanya meningkat. Kedua formasinya akan lebih banyak, karena banyak daerah yang akan kita yakinkan, secara paralel. Dan ketiga optimalisasi yang akan dilakukan GTK untuk memastikan daerah-daerah yang kosong itu ada demandnya," terang Nadiem.

Nadiem juga menyebut bahwa Kemendikbudristek mendengarkan aspirasi masyarakat dan sedang memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan untuk daerah-daerah yang kekurangan guru dan peserta di atas 50 tahun.

"Tentunya tapi ini bukan keputusan Kemendikbudristek. Masyarakat juga harus mengerti, ini keputusan berbagai macam pihak di dalam panitia seleksi, jadi harus ada konsensus, harus ada kesepakatan," ujar Nadiem.

Kemendikbudristek juga mempertimbangkan masukan dari pakar-pakar pendidikan tentang pentingnya menjaga integritas proses seleksi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa Indonesia.

Seperti diketahui, ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap pertama berlangsung pada tanggal 13-17 September 2021. Ujian dilaksanakan di di 1.134 lokasi yang tersebar di 501 Kabupaten/Kota dari 33 provinsi.

Pengumuman lengkap hasil ujian seleksi pertama PPPK Guru 2021 akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan. "Ini hanya rekap awal, pengumuman lengkap hasil ujian seleksi pertama dilakukan beberapa hari kedepan ini," terang Nadiem.



Simak Video "Tangisan Guru Honorer di Hadapan Nadiem Gegara Honor Rp 100 Ribu/Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia