Vaksinasi Belum Capai 80%, Sekolah Tatap Muka di Bantul Ditunda

Pradito Rida Pertana - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 19:15 WIB
Guru memberikan materi pelajaran saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di kawasan SDN 13 Pagi Sunter Agung, Jakarta Utara, Rabu (8/9).
Ilustrasi sekolah tatap muka (Foto: Pradita Utama)
Bantul - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul DI Yogyakarta mengaku belum menggelar sekolah tatap muka untuk SD-SMP. Pasalnya, syarat Gubernur DIY capaian vaksinasi pelajar harus 80% sedangkan di Bantul baru 42%.

"Mundurnya jadwal PTM (pembelajaran tatap muka) karena capaian vaksinasi pelajar belum 80 persen. Karena pak Gubernur (DIY) menghendaki agar benar-benar aman maka pelajar harus sudah divaksin paling tidak 80 persen," kata Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko saat dihubungi wartawan, Senin(20/9/2021).

Sebenarnya jika merujuk syarat Kemendikbudristek, sekolah tatap muka sudah bisa digelar di Bantul. Mengingat Kemendikbudristek hanya memberi dua syarat agar PTM bisa digelar, yakni sekolah harus memenuhi data periksa kesiapan dan seluruh guru sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Karena itu kami gencarkan vaksinasi (COVID-19), hampir setiap hari ada 2 hingga 3 kapanewon (kecamatan) melakukan vaksinasi massal khusus pelajar. Harapannya syarat pelajar bisa divaksin 80 persen itu tercapai dalam waktu dekat," ujarnya.

Terlebih, beberapa sekolah sudah menyampaikan kesiapannya untuk menggelar PTM secara terbatas. Pihaknya juga menyebut tidak akan membatasi berapa sekolah yang boleh menerapkan PTM.

"Kalau bisa maksimal 100 persen enggak papa. Jadi saya tidak membatasi, karena PTM sudah dikehendaki semua pihak, anaknya pun juga sudah menghendaki untuk segera tatap muka. Tapi kan kita tidak boleh gegabah, kita harus hati-hati," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bantul hari Sabtu (18/9/2021) capaian vaksinasi untuk pelajar atau remaja, baru 42,79% atau 30.874 dari target 72.145 pelajar.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Bantul Joko B. Purnomo menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi ke depannya akan difokuskan bagi para pelajar. Semua itu untuk mendukung pelaksanaan sekolah tatap muka.

"Kita targetkan vaksinasi bagi pelajar rampung dalam 8 hari ke depan dengan sasaran 41.000 pelajar," ujarnya.

Simak Video "Tingkah Lucu Siswa SD PTM di Parepare, Nangis-Tak Tahu Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia