Bukan Syarat PTM, DIY Tetap Tunggu Vaksinasi 80 Persen Siswa

Heri Susanto - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 17:15 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim bertemu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X
Foto: Mendikbudristek Nadiem Makarim bertemu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X (Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyatakan vaksinasi tidak masuk syarat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kendati demikian, Pemda DI Yogyakarta tetap memprioritaskan vaksinasi siswa minimal 80 persen baru bisa PTM.

Nadiem menegaskan, sesuai dengan SKB empat menteri, untuk daerah yang masuk level 1,2, dan 3 bisa menggelar PTM. Tidak perlu menunggu vaksinasi siswa.

"Vaksinasi (siswa) tidak untuk PTM. Vaksinasi guru menjadi syarat (PTM). Tidak perlu menunggu itu (vaksinasi) daerah level 1,2, dan 3," kata Nadiem saat bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan, Selasa (14/8/2021).

Nadiem menjelaskan, kebijakan untuk PTM adalah SKB empat menteri. Di dalam SKB tersebut ada klausul orang tua tidak boleh dipaksa untuk PTM.

"Orang tua tidak boleh boleh dipaksa. Kalau memang keberatan PTM ya harus diberikan PJJ. SKB empat menteri ini memberikan keleluasaan, kami tidak mengatur berapa hari dan jam. Jumlah anak perkelas, misalnya PAUD maksimal 5, limitasi," jelasnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan diri untuk menggelar PTM.

"Yang penting kita menyiapkan diri saja. Ya nanti momentumnya kita tatap muka. Kalau Yogya tinggal sedikit. Yang disiapkan semua harus vaksinasi. Semoga saja tidak ada TUN (gugat) saya," kelakar Sultan.

Sultan menambahkan, pihaknya memprioritaskan vaksinasi siswa terlebih dahulu. Agar, nantinya bisa tercapai vaksinasi 80 persen siswa maupun masyarakat umum di DIY.

"Lebih baik berhati-hati. Di tempat lain naik 150 persen. Vaksin ini bagi saya prioritas dosis 1 dihabiskan dulu, untuk ngejar 80 persen," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam proses menyelesaikan vaksinasi bagi para murid.

"Hitungan tadi pagi, SMA/SMK 177 sekolah dari 396 sekolah SMA dan SMK se-DIY. Mudah-mudahan minggu ini tambah banyak," katanya.

Vaksinasi di 177 SMA/SMK itu, lanjut Didik, sudah mencapai 80 persen. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan Senin (20/9), sekolah-sekolah tersebut bisa tatap muka.

"Yang sudah 80 persen siswa, uji coba atau percontohan. Teman-teman di kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama," katanya.

Uji coba PTM, ujar Didik, akan dimulai dari jenjang SMA dan SMK. Kemudian, berlanjut tingkat SMP hingga sampai PAUD.

"Kalau uji coba, ya dari atas dulu. Izin dari orang tua tadi harus ada. Kalau tidak bersedia ya PJJ. Karena tatap muka tidak menghilangkan PJJ," jelasnya.

Simak Video "Observasi PTM, Mendikbud Nadiem Makarim Kunjungi Sekolah di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia