Kemendikbudristek Gandeng 5 Kampus untuk Program Kepala SMK

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 21:30 WIB
SMKN 1 Depok, Sleman, Yogyakarta, melakukan uji coba sekolah tatap muka. Ada 10 SMK-SMA di Yogyakarta yang mulai melakukan uji coba sekolah tatap muka.
Kemendikbudristek gandeng lima universitas untuk program kepala SMK. Foto: Jauh Hari Wawan S
Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek meluncurkan Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri Bagi Kepala SMK Tahun 2021, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 345 peserta dari kepala SMK di berbagai SMK Pusat Keunggulan akan menjalani program ini.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Saryadi mengatakan, program tahun ini merupakan kelanjutan program pada 2020. Tahun lalu, peserta program sebanyak 400 kepala SMK dari total 901 SMK yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan.

Saryadi mengatakan, program tahun ini menggandeng lima perguruan tinggi mitra dalam pelaksanaan program. Lima perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Prasetya Mulya, Binus University, IPB University, Universitas Brawijaya, dan Universitas Indonesia.

Ia menambahkan, perguruan tinggi mitra tersebut juga melaksanakan formulasi materi kompetensi kepemimpinan dan kewirausahaan yang sesuai dengan semangat SMK Pusat keunggulan.

"Materi tersebut mencakup Karakter CEO, kedua Manajemen Strategis dan Kinerja, ketiga Manajemen Inovasi, keempat Penguasaan Pribadi dan Kepemimpinan, kelima Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perubahan, keenam Pemikiran Sistem untuk Pengambilan Keputusan, dan ketujuh Pengelolaan Keuangan," kata Saryadi dalam acara virtual peluncuran program di kanal YouTube Mitrasdudi Kemendikbud, Rabu (8/9/2021).

Saryadi mengatakan, kepala SMK juga akan mendapatkan sejumlah materi di luar mata diklat seperti kegiatan CEO Meet CEO, Program Conditioning, dan sertifikasi. Ia menjelaskan, conditioning bertujuan untuk memberi pemahaman terkait growth mindset dan mendorong upaya implementasi proyek di lingkungan SMK Pusat Keunggulan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan manajemen IPB University Prof. Nunung Nuryantono mengatakan, growth mindset membuka lebar peluang mengembangkan talenta dan kreativitas di SMK.

"Global creativity dan innovation index korelasinya ke kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Pelatihan ini berupaya meningkatkan kapabilitas CEO (Kepala) SMK yang akan menyebarkannya ke seluruh sekolah--sekitar 14.000 SMK di Indonesia. IPB jadikan rumah Ibu Bapak semua," kata Prof. Nunung.

Wakil Rektor Bidang Research & Technology Transfer Binus University Prof. Tirta Mursitama mengatakan, peserta program untuk kepala SMK di Binus University dapat mengunjungi kampus Binus selama kegiatan. Sebagai informasi, pelaksanaan program secara daring atau luring di kelima kampus mengikuti peraturan pemerintah terkait COVID-19.

"Semoga yang berkesempatan (menjalani program)di Binus detik.com/tag/binus, berkesempatan ke kampus, untuk melihat fasilitas, bertemu narasumber, sehingga dapat gambaran utuh, sebab kami memilih jalur applied university," kata Prof.Tirta.



Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia