Disdikpora DIY: Baru 24 SMA/SMK di DIY yang Siap Gelar PTM

Heri Susanto - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 19:30 WIB
Sekolah di Kabupaten Bandung gelar kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Kegiatan itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan Guna cegah COVID-19.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Yogyakarta -

Penurunan status PPKM dari level 4 ke 3, tak membuat Pemda DIY lantas memberikan lampu hijau ke seluruh sekolah di DIY. Dari hasil pemetaan awal, 24 SMA/SMK di DIY yang sudah siap untuk menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya mengungkapkan, hasil pemetaan baru 24 SMA/SMK di DIY Siap PTM. Sekolah tersebut merupakan SMA/SMK yang menggelar tatap muka sebelum PPKM darurat Juli lalu.

"Semua sekolah mengajukan (tatap muka). Tapi, kami juga petakan mana saja sekolah yang sudah semua siswanya sudah vaksinasi," kata Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, dihubungi wartawan, Rabu (8/9/2021).

Ia mengatakan, vaksinasi siswa minimal 80 persen tetap menjadi pertimbangan utama untuk memberikan izin sekolah menggelar PTM. Meski, di dalam peraturan menteri pendidikan, vaksinasi tidak menjadi syarat mutlak.

"Dari 144 ribu siswa di 163 SMA dan 220 SMK di DIY, yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama baru 52 persen," jelasnya.

Berbeda dengan siswa di SMP. Menurut Didik, jumlah siswa SMP yang sudah mendapatkan vaksinasi jauh lebih banyak dibandingkan siswa tingkat SMA.

"Di Kulon Progo sudah 80 persen. Untuk seluruh DIY siswa SMP yang sudah mendapatkan vaksinasi di atas 60 persen," jelasnya.

Oleh karena itu, Disdikpora DIY akan berkoordinasi dengan Kabupaten dan kota untuk penyelenggaraan kembali PTM. Terutama, lanjut Didik, untuk sekolah SD ke bawah yang memang belum bisa mendapatkan vaksinasi.

"Nanti, kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kabupaten dan Kota," jelasnya.



Simak Video "Antusiasme Siswa SMP di Kulon Progo Jalani PTM Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia