Siswa Pemegang KJP Plus Bisa Beli Pangan Murah, Begini Alurnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 01 Sep 2021 07:01 WIB
Siswa Penerima KJP Plus Bisa Mendaftar Subsidi Pangan Murah
Siswa penerima KJP Plus bisa dapatkan pangan murah Foto: Screenshoot
Jakarta - Siswa penerima Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) bisa membeli pangan murah yang telah disubsidi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program pangan murah untuk ketahanan pangan ini, bertujuan meningkatkan gizi anak-anak, dan warga Jakarta golongan tertentu.

Selain pemegang KJP Plus, guru non-PNS dan tenaga kependidikan non-PNS berhak mendapatkan program ini dengan syarat berpenghasilan 1,1 kali Upah Minimum Provinsi dan terdaftar.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) terdapat 6 (enam) jenis pangan yang disubsidi untuk masyarakat tertentu yang mencakup subsidi daging sapi, daging ayam, telur, beras, susu, dan ikan.


Adapun dilansir dari laman instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI), Selasa 31 Agustus 2021, berikut rincian harga subsidi pangan murah:


1. Daging sapi Rp. 35.000,00 - 1 kg per bungkus

2. Daging ayam Rp. 8.000,00 - 1 ekor per bungkus

3. Beras Rp. 30.000,00 - 5 kg per kantong

4. Telur ayam Rp. 10.000,00 - 1 tray per 15 butir

5. Ikan kembung Rp. 13.000,00 - 1 kg per 6-9 ekor

6. Susu UHT Rp. 30.000,00 (khusus KJP) - 1 karton per 24 pcs


Cara mendaftar subsidi pangan murah dengan KJP Plus


Buat siswa yang ingin mendaftar subsidi pangan murah pastikan terlebih dahulu siswa terdaftar sebagai penerima KJP Plus Tahap 1 Tahun 2021.

Jika sudah terdaftar, ikuti tata cara sebagai berikut ini.

1. Mendaftar nomor antrian melalui laman antriankjp.pasarjaya.co.id. Diharapkan akses menggunakan browser Google Chrome (untuk HP) dan Mozilla (untuk komputer/laptop).

2. Masukan nomor ATM, tanggal lahir, nama lengkap, alamat, nomor hp, wilayah alamat pengambilan, pilih lokasi terdekat, pilih tanggal pengambilan, pilih jam pengambilan (jika pada rekening masih atas nama wali QQ maka silakan input tanggal lahir wali)

3. Setelah memasukkan data-data di atas, maka akan mendapatkan nomor antrian & di print

4. 1 nomor antrian hanya untuk 1 kartu ATM


Alur pengambilan pangan murah


Untuk alur pengambilan bahan pangan murah ini bagi yang sudah mendaftar adalah

1. Mendatangi gerai Pasar Jaya (Jakgrosir, Mini DC, Jakmart), Foodstation, serta Dharma Jaya sesuai dengan lokasi dan waktu yang tertera pada tiket antrian. Data pasar selengkapnya bisa cek di sini.

2. Verifikasi tiket antrian oleh petugas setempat

3. Pengambilan pangan murah harus mematuhi protokol kesehatan (wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

4. Bagi penerima subsidi pangan murah harap membawa kantong sendiri karena petugas/pasar tidak menyediakan kantong plastik.


Untuk pengambilan program pangan murah minimal H-1 sesuai jadwal yang ada pada tiket antrian. Program ini akan dimulai pada tanggal 4 september 2021.

Untuk pendaftaran nomor antrian subsidi pangan murah untuk pemegang KJP Plus bisa dimulai pada tanggal 31 Agustus 2021. Info selengkapnya bisa cek di akun instagram @disdikdki.

Simak Video "Temuan BPK, DKI Bayar Rp 862 Juta untuk Gaji Pegawai Pensiun & Wafat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia