Jelang Vaksinasi Anak di Kulon Progo, Sekolah Bisa Jadi Sentra Vaksin

Jalu Rahman Dewantara - detikEdu
Senin, 26 Jul 2021 19:36 WIB
2 Ribu siswa SMP dan SMA di Kota Bandung, Jawa Barat mengikuti vaksinasi COVID-19. Vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun ini digelar oleh BNN.
Vaksinasi anak akan digelar di Kulon Progo (Foto Ilustrasi: Wisma Putra)
Kulon Progo -

Kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar usia 12-18 tahun akan segera digelar di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lokasi vaksinasi nantinya tak hanya dilangsungkan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), tetapi bisa juga di sekolah dengan sejumlah persyaratan.

"Sebenernya kalau memungkinkan di fasyankes seperti puskesmas itu lebih baik. Namun tidak menutup kemungkinan sekolah juga dapat menggelar vaksinasi, di mana nanti petugas puskesmas yang akan datang ke sekolah tersebut," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati dalam jumpa pers virtual, Senin (26/7/2021).

Baning menjelaskan bagi sekolah yang ingin menggelar vaksinasi, harus memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaranya menyiapkan tempat yang luas untuk mengantisipasi kerumunan dan tempat khusus untuk observasi pasca imunisasi.

"Jadi sebenarnya (syarat vaksinasi di sekolah) tak terlalui rumit, apalagi kan sekolah itu punya ruangan kelas yang cukup banyak," ujarnya.

Kendati begitu, Baning menganjurkan agar pelaksanaan vaksinasi tetap digelar di puskesmas. Hal ini mengingat SDM vaksinator sangat terbatas, jika harus dibagi dengan pelaksanaan vaksin di sekolah. Di sisi lain kegiatan vaksinasi untuk sasaran lain di Kulon Progo seperti lansia, kalangan rentan dan disabilitas masih terus berjalan.

Seperti diketahui sebanyak 36.156 pelajar tingkat SMP hingga SMA sederajat di Kulon Progo, bakal mendapatkan vaksin COVID-19 jenis Sinovac. Pemberian vaksin berbasis sekolah ini dilakukan mulai pekan pertama Agustus 2021.

Target sasarannya terdiri dari siswa SMP 15.151, SMA dan SMK 16.056 dan sekolah di bawah tanggung jawab kementerian agama meliputi MA dan Mts 4.949 siswa. Adapun dalam pelaksanaan vaksinasi ini, Satgas COVID-19 Kulon Progo bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diskdikpora), Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Kemenag selaku instansi yang menaungi sekolah-sekolah yang terlibat dalam program ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan upaya vaksinasi kepada pelajar di wilayah ini merupakan tindak lanjut atas keputusan Kementerian Kesehatan yang mulai membolehkan vaksinasi kepada anak.

"Sesuai instruksi Kemenkes yang membolehkan vaksinasi kepada anak, maka kami di daerah juga akan melakukannya. Kegiatan ini akan dilakukan mulai Agustus besok," ujar Sri.

Dengan adanya vaksinasi kepada anak ini, menambah daftar kalangan penerima vaksin di Kulon Progo, yaitu tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat umum.

Berdasarkan data dari Dinkes setempat yang diakses detikcom hari ini, total target sasaran vaksinasi di wilayah ini sebanyak 335.122 orang. Dari jumlah itu sebanyak 76.482 orang sudah menerima vaksin dosis pertama, atau sekitar 22,82 persen dari total sasaran. Sedangkan untuk dosis kedua baru menyasar 30.966 orang atau berkisar 9,24 persen.



Simak Video "Target Sasaran Vaksinasi di Indonesia Bertambah Jadi 208 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia