Hari Anak Nasional, Kemdikbud: Pendidikan Berkualitas Adalah Hak Setiap Anak

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 23 Jul 2021 18:40 WIB
Hari Anak Nasional 2021 Diperingati Tiap 23 Juli, Ini Sejarah
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Jumeri, S.TP., M.Si., menyampaikan tentang hak anak yang harus dipenuhi. Hal tersebut disampaikan melalui acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021.


Pada acara yang bertema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", Jumeri mengingatkan bahwa semua anak harus mendapatkan haknya.


"Hari Anak Nasional adalah momen pengingat bagi kita semua bahwa tidak ada satupun anak yang boleh Tertinggal dalam mendapatkan haknya. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan untuk terus menjalankan amanah makhluk terpenuhinya hak setiap anak dalam mendapatkan pendidikan berkualitas," katanya saat hadir dalam perayaan virtual Hari Anak Nasional 202i, Jumat, 23 Juli 2021.


Jumeri juga menyampaikan bahwa tujuan utama dari pendidikan anak adalah membentuk anak Indonesia yang berkualitas di mana anak dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.


Menurutnya, proses ini secara menyeluruh meliputi aspek fisik dan non fisik dengan memberikan rangsangan perkembangan jasmani rohani motorik, kecerdasan emosional dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


"Namun, kondisi pandemi telah merekonstruksi dunia yang dialami anak. Dunia anak berpotensi mengecil karena ragam Interaksi yang biasa di dapat dari rekan sebaya, orang dewasa dan dari lingkungan sekitarnya yang berdampak menjadi sangat terbatas," ungkapnya.


Hal ini menurut Jumeri akan menjadi tantangan untuk para pendidik khususnya di hari anak nasional kali ini agar bisa memastikan dunia anak tetap luas dan kaya melalui hadirnya lingkungan belajar yang baik.


Sementara itu, dalam acara perayaan Hari Anak Nasional 2021 tersebut, Plt Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud Ristek, Ir. Hendarman, M. Sc. Ph. D, juga menyampaikan rasa bangga dan bahagia karena bisa menghadirkan program untuk anak.


"Kemdikbud Ristek merasa bangga dan bahagia menghadirkan program (HAN 2021) ini untuk anak-anak. Kami berharap program semacam ini bisa menjadi media tatap muka saling berkenalan dan bertukar informasi walaupun secara virtual," jelasnya.


Ir. Hendarman mengaku Kemdikbud Ristek telah menyiapkan siapkan program ini sebagai bentuk penguatan karakter anak-anak agar terwujud generasi emas, cerdas, dan berkarakter.


Tak hanya itu, Hendarman juga menyebutkan bahwa anak-anak di Indonesia harus mencerminkan pelajar Pancasila yang mengingat nilai-nilai di dalamnya.


"Dalam rangka Hari Anak Nasional ini, saya ingin berpesan kepada seluruh anak-anak untuk selalu mengingat nilai-nilai dalam pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, kreatif, sebagai bekal dan cerminan SDM unggul," papar Ir. Hendarman.


SDM unggul yang dimaksud adalah mereka yang disebut sebagai belajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Terakhir, Plt Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud Ristek berpesan agar seluruh anak-anak harus terus kreatif dan bisa mengasah minat bakat untuk bisa meraih prestasi.



Simak Video "Sederet Vendor Lokal Digaet Google untuk Produksi Laptop Chromebook"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia