Najma Tsakiba, Ikut 15 Lomba dan Raih Medali Perak Olimpiade Bahasa Inggris

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 23 Jul 2021 17:10 WIB
Najma Tsakiba, Ikut 15 Lomba dan Raih Medali Perak Olimpiade Bahasa Inggris
Foto: Kemenag/Najma Tsakiba, Ikut 15 Lomba dan Raih Medali Perak Olimpiade Bahasa Inggris.
Jakarta - Najma Tsakiba membuktikan COVID-19 dan kegiatan yang serba online bukan halangan untuk berprestasi. Siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN 1 Kota Tasikmalaya tersebut berhasil meraih medali perak News English Olimpiade 2 (NENGO 2).

Olimpiade Bahasa Inggris yang digelar Indonesia Student News ini bukan satu-satunya lomba dan kegiatan yang diikuti Najma. Menurut Najma dalam dua tahun terakhir dia telah mengikuti puluhan kompetisi dan aktivitas akademis atau literasi lainnya.

"Alhamdulillah saya berhasil meraih medali perak dalam NENGO 2 setelah bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatannya semua dilakukan daring. Tahun 2021 ini saja, sampai sekarang ada sekitar 15 kegiatan yang saya ikuti," kata Najma.

Dikutip dari situs Kementerian Agama, berikut kompetisi yang sempat diikuti Najma pada 2021:

  • Olimpiade Sains Indonesia (OSI) Bidang Bahasa Inggris tingkat SMP/MTS se-Indonesia
  • Olimpiade Matematika dalam rangka HARDIKNAS tingkat SMP/MTs se-Indonesia
  • Kanigara Grammar Olympiad SMP/MTs Sederajat dari Kanigara Education
  • Lomba Wawasan kebangsaan dari KMPMIPA dalam rangka HARDIKNAS.

Selain mengikuti berbagai lomba, Najma ternyata sangat tertarik dengan bidang literasi. Dia mengikuti kegiatan tulis menulis dan beberapa karyanya sudah diterbitkan. Kegiatan ini juga berlangsung secara online.

Salah satu karya Najma diterbitkan usai mengikuti Lomba Cerita Mini bertema Air Mata dari penerbit Puspamala Pustaka dan Ellunar Publish. Karya Najma masuk dalam 50 naskah terpilih dari 671 peserta. Tulisan Najma diterbitkan dalam buku berjudul Rinai.

Najma kemudian mendapat sertifikat penulis terpilih dalam kegiatan tersebut. Menurut siswi madrasah ini, partisipasinya dalam berbagai lomba adalah hikmah dari pandemi yang kini berlangsung. Dia tak perlu datang ke lokasi kompetisi sehingga kegiatan terasa lebih mudah.

Prestasi Najma mendapat sambutan positif dari kepala madrasah MTsN 1 Kota Tasikmalaya Nening. Dia merasa bangga atas keberhasilan Najma meraih prestasi, tanpa terpengaruh pandemi.

"Alhamdulillah kami merasa bersyukur dan bahagia atas prestasi yang diraih salah seorang siswi terbaik kami," ujar Nening.

Nening berharap prestasi Najma bisa menjadi inspirasi seluruh siswa di Indonesia. Sistem belajar online dan penggunaan gadget, dapat digunakan untuk mengasah potensi dan ikut berbagai kompetisi.

Simak Video "Korupsi Proyek Lab MTs, Eks Pejabat Kemenag Divonis 1,5 Tahun Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia