Kasus COVID-19 Melonjak, Gibran Masih Optimis PTM Bisa Digelar Juli

Ari Purnomo - detikEdu
Kamis, 24 Jun 2021 19:50 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ari Purnomo/detikcom).
Kasus COVID-19 Melonjak, Gibran Masih Optimis PTM Bisa Digelar Juli (Foto: Ari Purnomo/detikcom.)
Solo - Kasus positif COVID-19 meningkat menjelang rencana digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli mendatang. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih optimis kegiatan PTM bisa digelar Juli seperti rencana awal.

"Masih optimis, kan Solo belum zona merah," ujar Gibran kepada wartawan di Makorem, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, meningkatnya kasus COVID-19 masih bisa dikendalikan. Sehingga, rencana PTM masih tetap diadakan Juli mendatang. Namun jika memang tidak memungkinkan, PTM juga tak bisa dipaksakan.

"Kalau sekiranya tidak memungkinkan, tidak mungkin kita paksakan," tuturnya.

Untuk kepastian mengenai PTM bisa dilaksanakan Juli atau tidak, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, akan menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

Jika memang sekiranya tidak diperbolehkan, maka pihaknya juga tidak akan mengadakan PTM dan menggantinya dengan pembelajaran secara daring atau online.

"Tunggu instruksi dari pusat, saya masih optimis. Kalau tidak mungkin kita paksakan, murid-murid tetap bisa belajar melalui daring tidak ada yang dipaksakan," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo Gubernur meminta agar PTM atau sekolah tatap muka kembali ditunda.

Hal itu karena anak-anak berisiko terpapar virus Corona atau COVID-19, terlebih pasca munculnya varian Delta di Jateng.

Ganjar mengatakan kondisi penyebaran COVID-19 masih tinggi atau jika dalam kategori warna, termasuk dalam kategori merah. Menurutnya penularan ke anak sedang meningkat sehingga PTM lebih baik ditunda.

"PTM nggak berani, masih merah begini. Apalagi penularan ke anak sekarang kerasa meningkatnya. Kalau di awalnya kan COVID nggak mau ke anak, tapi sekarang faktanya anak-anak kena. Jadi tunda dulu (PTM)," kata Ganjar.



Simak Video "PTM Juli 2021 Masih Melihat Pertimbangan Zonasi Risiko"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia