Wakil Ketua MPR Ingatkan Masalah Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi

Yudistira Imandiar - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 22:59 WIB
Fadel Muhammad ingatkan masalah kualitas pendidikan di masa pandemi.
Foto: MPR
Jakarta - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan pandemi COVID-19 jangan sampai menyebabkan penurunan kualitas pendidikan. Menurutnya sekolah tatap muka harus kembali dijalankan dengan sejumlah penyesuaian.

Fadel mengungkapkan kegiatan belajar mengajar dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat pembelajaran tidak efektif. Apalagi, sudah lebih dari setahun sekolah tatap muka di sebagian besar sekolah ditiadakan.

"Pada awalnya, memang PJJ diberlakukan untuk meminimalisir risiko anak didik terpapar COVID-19. Namun, pandemi ini ternyata berlangsung sangat lama," ungkap Fadel.

"Banyak kalangan, mulai dari pemerintah, pakar, termasuk MPR sendiri, yang merasa prihatin kemudian melakukan berbagai kajian untuk mencari jalan keluarnya," imbuhnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua MPR dari Kelompok DPD RI ini acara Temu Tokoh Nasional dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, hasil kerja sama MPR dengan PD Muhammadiyah Denpasar. Acara diselenggarakan di Ruang Pancasila, Kompleks Gedung DPD RI Provinsi Bali, Kota Denpasar, Bali, Rabu (2/6/2021).

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPD RI H. Bambang Santoso, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Denpasar H. Jawas Sokan, Ketua MUI Provinsi Bali Ustaz H. Mahrusun Hadiono serta para guru dan pemerhati pendidikan sebagai peserta.

Diungkapkan Fadel Muhammad, salah satu kekhawatiran elemen masyarakat yang bergerak di sektor pendidikan adalah jika PJJ terus dilakukan akan terjadi learning loss, atau menurunnya kompetensi belajar di kalangan anak didik.

"Intinya kita harus menjaga betul agar para generasi muda bangsa kita jangan sampai terpuruk sehingga jadi masalah di masa depan," cetus Fadel.

Mantan Gubernur Gorontalo itu menyatakan kegiatan belajar mengajar tatap muka mesti dibuka kembali namun dengan penyesuaian bertahap. Menurutnya di tahap awal dapat diatur sebagian siswa masuk sekolah dan sebagian lainnya belajar di rumah, dengan jadwal yang disesuaikan sekolah.

"Saya berharap pemerintah dan elemen masyarakat yang peduli pendidikan memperhatikan hal tersebut lebih serius dengan segera duduk bersama untuk membicarakan hal tersebut secara khusus sehingga muncul kebijakan yang baik buat anak-anak didik kita," imbuh Fadel.

Simak Video "Pemkab Ciamis Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia