Kemendikbudristek Gelar Lomba Kreasi Lagu, Total Hadiah Sampai Rp 200 Juta

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 19:00 WIB
Lomba Lagu Hari Pancasila Kemendikbudristek
Foto: Dok. Kemendikbudristek/Kemendikbudristek Gelar Lomba Kreasi Lagu, Total Hadiah Sampai Rp 200 Juta
Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar lomba kreasi lagu. Ajang ini diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Menurut Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbudristek Hendarman lomba ini ditujukan kepada para siswa dan mahasiswa. Nantinya, mereka diharuskan untuk mengkreasikan lirik dari lagu Pelajar Pancasila.

"Lomba Kerlap merupakan sarana para siswa dan mahasiswa untuk dapat membumikan nilai karakter yang tertulis dalam lirik lagu Pelajar Pancasila dari setiap hasil karya mereka," kata dia dalam keterangan tertulis diterima detikEdu, Rabu (2/6/2021).

Hendarman mengungkapkan bahwa nilai pancasila harus dapat dijiwai oleh para generasi muda. Untuk itu, pihaknya mengajak para siswa dan mahasiswa untuk mengikuti lomba kreasi lagu dari Kemendikbudristek.

"Mari kita berpartisipasi mengikuti lomba Kerlap sebagai ajang menampilkan kreativitas dan mengasah rasa cinta kita terhadap Pancasila, dasar negara kita," ungkapnya.

Adapun, terdapat dua kategori lagu yang dilombakan, yakni gerak lagu dan cover lagu. Untuk jenjang gerak lagu diberikan untuk jenjang jenjang PAUD/PAUDLB/RA/SILN jenjang PAUD. Kemudian, jenjang cover lagu untuk jenjang SD/MI/SDLB/SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB/sederajat, SILN dan perguruan tinggi.

Mereka yang berhasil menang pada setiap kategorinya akan mendapatkan hadiah senilai total Rp 200 juta dan sertifikat. Adapun, syarat dan ketentuan lomba dapat diperoleh di laman resmi Puspeka Kemendikbud, yaitu https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id dengan mendaftar sebelum di bit.ly/kerlap2021.

Berikutnya, lomba video klip animasi ditujukan untuk jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB/sederajat, SILN SMA, dan Perguruan tinggi. Kemudian, lomba cover lagu kategori band untuk jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB, SILN dan perguruan tinggi. Serta, lomba musik duet TikTok untuk jenjang SMP/SMPLB/MTS/SMA/SMALB/MA/SMK/SMKLB/sederajat, SILN, dan perguruan tinggi.

Sementara itu, lomba berlangsung selama bulan Juni dan para peserta dapat mengirimkan karyanya mulai tanggal 1 hingga 30 Juni 2021. Pengumuman pemenang akan diinformasikan pada tanggal 10 Juli 2021.

Detikers, jangan ikut lomba Hari Pancasila dari Kemendikbudristek ini ya!

Simak Video "Klarifikasi Kemdikbud soal Laptop: Harganya Bukan Rp 10 Juta per Unit!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia