Alhamdulillah! Kemenag Salurkan Bantuan Kuota Internet Hingga 15 GB

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 30 Mei 2021 07:31 WIB
Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani
Alhamdulillah! Kemenag Salurkan Bantuan Kuota Internet Hingga 15 GB (Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani - Foto: Dokumentasi Humas Kementerian Agama)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mulai menyalurkan bantuan kuota internet bagi guru, dosen, siswa, dan mahasiswa dengan bantuan kuota terbesar mencapai 15 GB. Bantuan kuota atau paket data ini diperuntukkan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bantuan kuota ini telah dicairkan beberapa kali selama masa pandemi. Jumlah bantuan kuota yang diterima berbeda-beda untuk tiap sasarannya.

Sasaran bantuan ini ditujukan pada siswa dan guru Roudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Selain itu, bantuan kuota internet untuk PJJ juga diberikan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UIN/IAIN/STAIN), serta mahasiswa dan dosen pada Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum.

Berikut ini rincian bantuan kuota atau paket data internet untuk pelaksanaan PJJ yang disalurkan Kemenag:

- Siswa Roudatul Athfal (RA): kuota sebesar 7 GB;

- Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA): kuota sebesar 10 GB;

- Guru: kuota sebesar 12 GB; dan

- Mahasiswa dan dosen: 15 GB.

Ramdhani berharap bantuan kuota untuk pelaksanaan PJJ ini dapat meringankan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Utamanya agar biaya internet tidak memotong uang belanja kebutuhan dapur.

"Kami tidak ingin pembelajaran jarak jauh memotong jatah belanja dapur para peserta didik dan pengajar," ujar Ramdhani dalam keterangan tertulisnya pada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Adapun persyaratan untuk penerima bantuan kuota internet pelaksanaan PJJ dari Kemenag ini di antaranya ponsel para penerima harus sudah terdaftar di salah satu sistem aplikasi EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, aplikasi PTU, dan aplikasi Lintasi DAI.

Aplikasi Lintasi DAI merupakan aplikasi yang selama ini sudah merekam nomor ponsel para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di lingkup Kemenag.

Nah, bagaimana detikers? Kamu masuk dalam sasaran bantuan kuota internet dari Kemenag tidak?

Simak Video "Mekanisme Penerimaan Lanjutan Bantuan Kuota Data Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia