Mengenal PAUD Berkualitas, Ini 4 Elemen yang Harus Dipenuhi

Kristina - detikEdu
Minggu, 23 Mei 2021 18:39 WIB
Ibu Romlah, Pendiri PAUD At-Tholibin
Foto: Dok. Pribadi Romlah
Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdikbud menegaskan bahwa PAUD yang berkualitas ditentukan oleh kualitas layanan bukan kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya. Untuk itu, perlu diperhatikan elemen lain yang ada di dalamnya.

Pernyataan ini disampaikan Direktorat PAUD lewat Instagram resminya. Pihaknya juga menyampaikan bahwa penyediaan layanan dalam menunjang proses pembelajaran anak memerlukan dukungan dari pihak lain seperti pemerintah daerah.

"Sarana prasarana hanyalah pendukung dalam memastikan lingkungan belajar di satuan PAUD aman dan nyaman bagi anak peserta didik," tulis akun @paudpedia seperti dikutip pada Minggu (23/5/2021).

Dilansir dari akun resmi Direktorat PAUD Kemdikbud, terdapat empat elemen dari PAUD berkualitas. Sebagai berikut:

1. Memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik


PAUD yang berkualitas tercipta dari proses pembelajaran yang baik. Adapun sarana prasarana hanya pendukung terjadinya proses pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik.

2. Bermitra dengan orang tua

Direktorat PAUD Kemdikbud juga menyebut, mitra dengan orang tua menjadi salah satu elemen yang dapat menciptakan PAUD yang berkualitas.

3. Memiliki tata kelola yang baik

PAUD berkualitas setidaknya memiliki tata kelola yang baik seperti kelengkapan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan perencanaan yang baik. Dapodik merupakan sistem pendataan secara nasional yang dijalankan secara terpadu.

4. Memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak

Terakhir, kebutuhan esensial anak yang dimaksudkan meliputi pemenuhan kesehatan dan gizi, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan, serta perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan.

Layanan PAUD berkualitas turut mendukung terwujudnya layanan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di komunitasnya. PAUD HI adalah penanganan anak usia dini secara menyeluruh.



Simak Video "Hotman Paris Cari Anak Awak KRI Nanggala, Ingin Bantu Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia