Mantab! Siswa SMA 11 Bandung Raup Rp 7,5 Juta dari Topi Ramah Lingkungan

Rahma I Harbani - detikEdu
Kamis, 06 Mei 2021 17:15 WIB
topi
Foto: Dok. Dinas Pendidikan Provinsi Jabar/Mantab! Siswa SMA 11 Bandung Raup Rp 7,5 Juta dari Topi Ramah Lingkungan
Jakarta - Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Bandung membuat topi ramah lingkungan bernama LOOKAT. Bahkan lebih dari 100 topi berhasil terjual dengan laba kotor hingga mencapai Rp 7,5 juta.

LOOKAT dibuat dengan bahan dasar kain organik yang dipadu desain bucket hat kekinian. Bahkan topi ramah lingkungan ini pernah menyabet gelar The Most Innovative Product dalam kejuaraan Regional Student Company Competition Tahun 2020.

Ide pembuatan topi ini diinisiasi oleh siswa SMA yang tergabung dalam ekstrakurikuler (ekskul) Elecra Student Company.

Putri Latiefa Rachma, siswa SMA sang pembuat topi LOOKAT menyebut produknya tidak dibuat semata-mata hanya untuk mencari keuntungan, tetapi dengan harapan produknya bisa menambahkan rasa cinta pembeli pada lingkungan.

"Karena kalau bisnis hanya bertujuan mencari profit (keuntungan), itu tidak baik untuk ke depannya. Kita ingin produk kita memiliki manfaat yang lebih untuk orang lain," ujar Putri yang dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kamis (6/5/2021).

Dalam proses pembuatannya, Putri merujuk pada data National Geographic yang menyebutkan bahwa di masa depan akan terjadi kerusakan lingkungan akibat dari banyaknya limbah yang tak terdaur ulang.

Kemudian, ia melakukan riset dengan membagikan kuisioner kepada 140 responden yang terdiri dari siswa dan mahasiswa. Hasilnya 72% dari 140 responden tidak peduli pada lingkungan hidup, tetapi 90% responden tertarik dengan fashion.

Berangkat dari data dan riset yang ada, Putri pun menyulap beberapa jenis kain organik seperti, linen, katun, dan goni menjadi sebuah topi yang cantik.

Proses produksi LOOKAT melalui 4 tahapan, yaitu pembelian bahan, produksi, quality control process, dan packaging. Tidak lupa ia mempercantik desain topi dengan tambahan slogan 'Eco not Ego' di bagian depannya.

Klik halaman selanjutnya



Simak Video "Robot Buatan Siswa SD yang Berprestasi, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia