Ada Kompetisi Sains Nasional untuk Siswa SMA, Yuk Daftar Lewat Sekolah!

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 22 Apr 2021 15:30 WIB
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar saat hari pertama masuk sekolah pembelajaran tatap muka di SMAN 1 Mataram, NTB, Senin (4/1/2021). Pembelajaran secara tatap muka terbatas di tengah pandemi COVID-19 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 mulai dilaksanakan di wilayah NTB pada Senin (4/1) di sejumlah sekolah jenjang SMA, SMK dan SLB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.
Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI/Ada Kompetisi Sains Nasional untuk Siswa SMA, Yuk Daftar Lewat Sekolah!
Jakarta - Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuka registrasi untuk pendaftaran Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/ Kota (KSN-K) untuk siswa SMA MA.

Registrasi KSN-K dilakukan secara online melalui portal registrasi https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. Bagi kamu yang berminat dapat registrasi dengan menggunakan email aktif sekolah.

Pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 22 sampai 28 April 2021. Jangan lupa teruskan informasi ini ke sekolahmu ya.

Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota untuk siswa SMA/ MA tahun 2021 dilakukan dengan mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah/ madrasah yang telah ditunjuk untuk menjadi tempat pelaksanaan KSN-K.


Berikut ini adalah tahapan proses registrasi KSN-K:

1. Registrasi akun satuan pendidikan di laman https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/. Sekolah bertugas mendaftarkan siswa SMA yang ingin mengikuti kompetisi KSN-K dengan memasukkan email, jenis satuan pendidikan (Sekolah, Madrasah, Universitas), serta nomor pokok berupa NPSN, NSM, Kode PT.

2. Mereview dan melengkapi form registrasi akun. Sekolah diharuskan mengecek data siswa SMA https://www.detik.com/tag/sma yang ditampilkan dari API dan melengkapi data untuk registrasi akun.

3. Notifikasi registrasi satuan pendidikan. Notifikasi ditampilkan ketika proses registrasi berhasil dilakukan. Selanjutnya diarahkan untuk mengecek email untuk aktivasi akun.

4. Login satuan pendidikan. Jika berhasil aktivasi akun selanjutnya melakukan login dengan memasukkan email dan password.

5. Dashboard satuan pendidikan, pada laman ini terdapat file panduan registrasi yang dapat diunduh seperti profil satuan pendidikan dan daftar lomba.

6. Detail lomba, pada laman ini peserta siswa SMA dapat membaca deskripsi lomba secara detail dimulai dari kriteria peserta dan peraturan lomba.

7. Halaman list peserta didik, selanjutnya terdapat laman yang menampilkan para siswa SMA yang telah terdaftar di perlombaan tersebut. Selain itu terdapat menu untuk menambahkan peserta baru.

8. Identitas peserta didik, saat menambah peserta didik proses yang dilakukan adalah mengisi identitas peserta berupa email dan NISN/ NISM/ NIM.

9. Notifikasi jika NISN tidak ditemukan, apabila nomor induk peserta mengalami masalah, maka harus ditindaklanjuti dengan mengurus di pusat data pokok masing-masing sekolah agar dapat melanjutkan ke proses pendaftaran selanjutnya.

10. Formulir peserta didik, jika nomor induk peserta didik telah terverifikasi, maka secara otomatis akan menampilkan formulir pertama yang meliputi foto peserta, data peserta dan data prestasi. Selanjutnya terdapat formulir kedua yang harus di-review dan dilengkapi yaitu berupa data orang tua, Kartu Indonesia Pintar, data pembina/pelatih, dan data pendukung. Setelah semuanya telah terisi dengan benar, satuan pendidikan dapat langsung tekan button daftar.

11. List peserta didik lomba, setelah proses registrasi berhasil maka peserta akan terdaftar dalam daftar data peserta didik yang dilengkapi oleh aksi lihat dan hapus.

12. Review data lomba. Peserta lomba yang telah terdaftar dapat direview ulang dan terdapat fitur untuk memperbaiki data jika terdapat kesalahan dalam proses input data.

Jika masih ada hal yang tidak mengerti, peserta siswa SMA dan sekolah dapat menghubungi narahubung KSN-K di nomor 081310784403 atau pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.

Simak Video "Ayo Adu Ide Kreatif Bisnis Di Xcelerate Business Competition"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia