Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Permanen

Tim detikcom - detikEdu
Minggu, 04 Apr 2021 06:25 WIB
Ilustrasi belajar online
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Permanen (Ilustrasi Foto : Shutterstock)
Jakarta - Apakah di antara detikers saat ini masih dalam bangku sekolah atau kuliah? Atau ada dari detikers yang bekerja di bidang pendidikan sebagai seorang tenaga pengajar? Dalam situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, dunia pendidikan juga harus beradaptasi dalam metode yang digunakan. Termasuk juga dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh akan permanen.

Hal ini dilakukan guna untuk menghindari terjadinya transmisi virus COVID-19 yang terjadi di antara para siswa. Namun, pelaksanaan pembelajaran daring ini juga memiliki berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan. Banyak siswa yang merasa metode pembelajaran ini justru malah membuat mereka merasa terbebani. Oleh karena itu, kesiapan seluruh pihak dan bagaimana perkembangannya perlu untuk dilihat secara lebih mendalam.

Metode Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh

Hingga saat ini, pelaksanaan pembelajaran secara daring sudah dilakukan selama satu tahun lamanya. Berbagai pihak dari tenaga pelajar maupun siswa yang mengalaminya harus segera beradaptasi dengan baik.

Pembelajaran daring ini dilakukan guna untuk membantu usaha dalam memutus penyebaran virus COVID-19. Setelah satu tahun pelaksanaan, banyak yang berpendapat bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh akan permanen. Pelaksanaannya dirasa dapat mempermudah bagi siswa yang tidak dapat untuk mengikuti pembelajaran secara langsung di kelas karena alasan tertentu.

Metode pembelajaran secara daring ini membuktikan bahwa pertemuan secara langsung juga dapat digantikan dengan daring tanpa mengurangi esensinya. Kegiatan tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya namun dengan cara yang lebih mempermudah.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh akan permanen ini sebelum diterapkan lebih jauh, perlu juga untuk dilakukan mediasi terlebih dahulu. Mediasi ini dapat dilakukan antara tenaga pengajar dengan para siswa agar mereka tahu apa yang harus dilakukan.

Aktivitas kegiatan belajar mengajar juga perlu untuk dilakukan secara jelas dengan sistem yang juga mengikuti keadaan yang ada. Banyak hal yang perlu untuk dijadikan perhatian agar pembelajaran daring dapat mengganti pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka.

Memperhatikan apakah semua pihak yang terlibat dapat siap untuk menjadikan program ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penyediaan platform juga perlu dipertegas agar kebijakan dapat menyentuh seluruh siswa dan tenaga pendidik tanpa ada pengecualian.


Kesediaan Platform untuk Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh akan permanen, terdapat beberapa aspek yang perlu untuk dijadikan perhatian secara lebih lanjut. Terutama dalam kesediaan platform yang dapat diakses oleh seluruh tenaga pengajar maupun para siswa di dalam sistem pendidikan ini.

Perlu untuk melihat fakta bahwa teknologi saja masih belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini tentu membuat pendidikan dapat sulit untuk diakses bagi kelompok masyarakat tertentu. Teknologi memang dapat membuat semua kegiatan menjadi lebih efisien dan efektif dalam pelaksanaannya. Namun di sisi lain, pihak pemerintah juga tidak dapat menghiraukan masyarakat yang belum tersentuh hal ini sama sekali.

Adaptasi terhadap teknologi masih perlu untuk dilakukan secara besar-besaran. Pasalnya, bahkan masih banyak tenaga pendidik sendiri yang mengalami kesulitan untuk menggunakan teknologi ini. Selain itu, banyak pula yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat beradaptasi terhadap teknologi dengan baik. Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah memastikan bahwa semua masyarakat sudah dapat mengakses teknologi dengan baik.

Setelah itu, pembelajaran jarak jauh akan permanen baru akan dapat berjalan jika penggunanya sudah terbiasa. Fasilitas serta kemampuan dalam memanfaatkan teknologi perlu untuk dievaluasi lebih jauh agar program ini dapat berjalan dengan baik ke depannya.



Simak Video "Anjuran Mendikbud Bila Pembelajaran Jarak Jauh Sulit Diterapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia