Tertarik Daftar Atlet Pelajar DKI Jakarta? Simak Syarat Lengkapnya Berikut Ini

Kristina - detikEdu
Kamis, 01 Apr 2021 18:30 WIB
Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan meliburkan siswanya karena pandemi virus Corona (COVID-19). Sekolah untuk pelajar atlet binaan DKI Jakarta itu pun sepi.
PPOP DKI Jakarta membuka seleksi atlet pelajar tahun 2021 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Provinsi DKI Jakarta membuka seleksi calon atlet pelajar 2021 bagi para pelajar seluruh Indonesia yang punya bakat dan prestasi di bidang olahraga. Pendaftaran online telah dibuka pada 29 Maret dan akan berakhir pada 19 Mei 2021.

Menjadi atlet pelajar di PPOP akan mendapat berbagai fasilitas. Selain asrama kamu juga bisa berlatih di venue olahrga berstandar internasional. Perlengkapan dan peralatan latih tanding pun telah disiapkan. Kamu juga mendapat kesempatan latih tanding di dalam dan luar negeri.

"Berkesempatan jadi atlet DKI Jakarta dan atlet nasional dan melanjutkan jenang pendidikan di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ," seperti yang dikutip dari akun instagram Pemprov DKI Jakarta.

Tahapan seleksi calon atlet pelajar PPOP DKI Jakarta 2021 terdiri dari 4 tahapan. Tahap pertama diawali dengan pendaftaran online melalui website ppop-dispora.jakarta.go.id. Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi pada 24 Mei 2021.

Kuota yang disediakan untuk seleksi administrasi sebanyak 250 orang. Peserta yang lolos berhak mengikuti seleksi kompetensi yang terdiri dari seleksi keterampilan, seleksi fisik, dan seleksi kesehatan. Seleksi mulai 27-31 Mei 2021 ini memakan waktu 1 hari penuh. Terakhir, pengumuman kelulusan.

Persyaratan Seleksi Calon Atlet Pelajar

1. Merupakan warga negara Indonesia (WNI), berstatus pelajar dan anggota klub/perguruan cabang olahraga

2. Memiliki Sertifikat/Piagam Juara I, II, atau III Tingkat Provinsi dan Juara I Tingkat Kota/Kabupaten sesuai cabang olahraga yang diikuti

3. Melakukan pengisian formulir Pendaftaran Online

4. Memiliki Piagam/Sertifikat yang mendukung pembuktian prestasi dengan memperlihatkan yang asli ketika dinyatakan lolos seleksi

5. Melampirkan Surat Keterangan Sekolah bahwa yang bersangkutan masih berstatus sebagai peserta didik

6. Ijazah/STTB dan Raport terakhir yang sudah dilegalisir

7. Surat keterangan dari klub/perguruan di Provinsi DKI Jakarta sesuai cabang olahraga yang diikuti

8. Surat rekomendasi dari Pengprov/Asprov DKI Jakarta sesuai cabang olahraga yang diikuti

9. Menunjukkan akte kelahiran ketika dinyatakan lolos seleksi

10. Kartu keluarga

11. Surat keterangan berbadan sehat dilengkapi dengan tinggi berat badan dari Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau Puskesmas

12. Menunjukkan surat keterangan bebas narkoba dari BNN, Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau Puskesmas ketika dinyatakan lolos seleksi altet PPOP.

13. Foto terbaru seluruh badan memakai pakaian lengkap sesuai cabang olahraga yang diikuti

14. Membuat surat pernyataan orang tua/wali calon atlet untuk menerima hasil keputusan yang ditetapkan panitia seleksi di atas materai Rp10.000 dan diserahkan saat mengikuti tes. Format dapat diunduh melalui https://ppop-dispora.jakarta.go.id/blog/detail/3269/persyaratan-calon-atlet-ppop-2020

15. Mengunggah/upload seluruh dokumen persyaratan dalam https://ppop-dispora.jakarta.go.id/blog/detail/3269/persyaratan-calon-atlet-ppop-2020

16. Membawa seluruh dokumen asli seluruh persyaratan calon atlet ketika dinyatakan lolos seleksi


Itu dia syarat lengkap seleksi calon atlet pelajar DKI Jakarta. Pastikan detikers mengisi data dengan jujur ya! Karena jika ternyata dikemudian hari ditemukan manipulasi data atau dokumen maka calon atlet dinyakan gugur dan digantikan oleh calon atlet urutan berikutnya.

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia