Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya pada Iklim serta Sosial Budaya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 18 Feb 2021 17:15 WIB
Beautiful young mother with her daughter celebrating indonesia independence day by raising flag under the sunset sky
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto/Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya pada Iklim serta Sosial Budaya
Jakarta - Letak geografis Indonesia ternyata mempengaruhi berbagai hal di negara ini. Dikutip dari bahan ajar Geografi Regional Indonesia UPI, Indonesia terletak di antara dua benua dan samudera.

"Secara geografis Indonesia terletak di antara dua samudera dan dua benua, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta Benua Amerika dan Australia," tulis bahan ajar dari Jurusan Pendidikan Geografi tersebut.

Letak geografis Indonesia mengakibatkan adanya iklim musim, yang terdiri atas angin muson barat dan timur. Angin muson barat membawa musim hujan bertiup pada Oktober-April, sedangkan muson timur mengindikasikan sebaliknya.

"Adanya iklim musim merupakan pengaruh dari Asia dan Australia," tulis bahan ajar tersebut yang merupakan karya dosen pendidikan geografi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Dadang Sungkawa.

Pengaruh lain dari letak geografis Indonesia adalah kehidupan sosial budaya yang beragam. Indonesia terletak berdekatan dengan benua Asia, sehingga dengan sendirinya menerima pengaruh dari wilayah tersebut.

"Seiring waktu, Indonesia juga menerima pengaruh dari Benua Eropa dan Amerika," tulis Dadang.

Aktivitas perdagangan ternyata juga dipengaruhi letak geografis Indonesia. Posisi silang mengakibatkan Indonesia berada di jalur lintas internasional, sehingga menjadi tempat persinggahan kapal laut yang hendak menuju berbagai tempat di dunia.

Letak geografis Indonesia ternyata juga mempengaruhi aktivitas perdagangan dunia. Indonesia terletak di jalur lintas internasional, sehingga ramai dikunjungi kapal laut yang hendak menuju berbagai tempat di dunia.

Penjelasan letak geografis Indonesia juga bisa ditemukan di portal pendidikan Jawa Tengah Jateng Pintar. Letak geografis adalah posisi negara yang dilihat nyata sesuai penampakan alam yang membatasi.

"Letak geografis menekankan pada fenomena alam berupa keadaan dan penampakan lingkungan yang melingkupi wilayah tersebut. Penampakan lingkungan bisa berarti benua, samudera, danau, laut dan sebagainya." tulis materi pelajaran dalam Jateng Pintar.

Batasan letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan samudera, dijelaskan sebagai berikut:

  • Barat laut: wilayah Indonesia dibatasi benua Asia
  • Tenggara: wilayah Indonesia berbatasan dengan benua Australia
  • Barat: wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Timur: wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Selain iklim dan kehidupan sosial budaya, letak geografis Indonesia mempengaruhi perkembangan ekonomi di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Wilayah ZEE memungkinkan pemanfaatan kekayaan alam yang diisi industri besar.

Simak Video "Pendidikan Pra Sekolah Untuk Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia