Buat Para Guru, Ikut https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi Yuk

Rosmha Widiyani - detikEdu
Selasa, 03 Nov 2020 15:32 WIB
Para guru SMP Negeri 4 Surakarta melakukan rapid test. Rapid test dilakukan sebelum sekolah tersebut melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.
Foto: kartika bagus/Buat Para Guru, Ikut https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi Yuk
Jakarta - Pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak sekolah tutup sementara dan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebijakan belajar online ini ditempuh demi mengurangi penyebaran kasus COVID-19.

Bagi para guru, PJJ atau belajar online memiliki tantangan dengan tidak adanya tatap muka antara guru dan murid. Guru harus punya keahlian baru untuk mengelola kelas dan gadget yang diperlukan.

Kemendikbud membuka peluang bagi guru yang hendak meningkatkan kompetensinya lewat Guru Belajar di link https://gurubelajar.kemdikbud.go.id. Sebelumnya, guru wajib registrasi dulu di Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar Online (SIM GPO).

Bagi para guru yang ingin ikut program Guru Belajar, berikut caranya:

1. Klik https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/ dan pilih Masuk

2. Setelah masuk, isi Alamat Surel dan Kata sandi yang diperlukan untuk ikut program Guru Belajar

3. Jika belum punya Alamat Surel dan Kata sandi, para guru bisa melakukan Registrasi Akun GTK lebih dulu di alamat link SIM GPO

4. Pendaftaran bisa dilakukan di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi, dengan mengisi Nomor Peserta UKG dan tanggal lahir.

Dikutip dari situs Kemendikbud, registrasi akun ini juga merupakan Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian & Berkelanjutan (SIM PKB). PKB adalah sarana utama untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru, termasuk saat pandemi COVID-19.

Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 hanya dapat diikuti tenaga pendidik telah mempunyai akun SIM PKB. Program ini memiliki tiga tahap dengan jadwal pelaksanaan yang berbeda-beda,

Berikut tiga tahap Guru Belajar:

1. Tahap 1 Bimtek

Angkatan satu 1-10 Oktober, angkatan dua 11-20 Oktober, angkatan tiga 21-30 Oktober, angkatan empat 31 Oktober-9 November, dan angkatan lima 10 - 19 November. Tahap satu diikuti kepala sekolah, pengawas, widyaiswara dan semua guru.

2. Tahap 2 Diklat

Angkatan satu 11-30 Oktober, angkatan dua 31 Oktober-19 November, dan angkatan tiga 20 November-9 Desember. Peserta adalah guru yang telah menyelesaikan Bimtek dengan nilai minimal 70.

3. Tahap 3 Pengimbasan

Peserta yang mengikuti tahap ini adalah yang telah menyelesaikan Diklat. Angkatan satu dilakukan di 31 Oktober-9 November dan angkatan dua pada pada 10-19 November.

Setelah memanfaatkan layanan di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi, diharapkan kualitas guru dan pembelajaran akan semakin baik. (row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia