UPJ Raih Hibah Kompetisi Kampus Merdeka 2022, Siap ke Ajang Internasional

Sponsored - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 16:52 WIB
Mahasiswa UPJ
Foto: UPJ
Jakarta -

Masuk ke dalam deretan Perguruan Tinggi Liga-3 dalam Kompetisi Kampus Merdeka, UPJ kembali memenangkan hibah PKKM Lanjutan Tahun 2022. Melalui Prodi Arsitektur dan Manajemen, UPJ memenangkan dana hibah dengan jumlah mencapai hampir Rp 1 miliar yang diperuntukkan bagi akselerasi implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM.

Kompetisi Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Dikti-Ristek ini menyediakan dana hibah PKKM yang hanya diberikan kepada 115 program studi dari 83 perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

"Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berupaya mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama tersebut dengan merancang suatu program kompetisi yang dikemas dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Program ini dirancang dalam 3 (tiga) skema dimana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat berkompetisi sehat sesuai dengan aturan pada tiap skemanya," ujar Dirjen Dikti-Ristek, Prof. Ir. Nizam dikutip dari laman PKKM DIKTI, Kamis (30/6/2022).

Mahasiswa UPJFoto: UPJ

Dari Kompetisi Kampus Merdeka atau PKKM di tahun pertama, UPJ telah sukses meningkatkan 8 Indikator Kinerja Utama atau IKU Kampus Merdeka, terutama pada IKU 2 (mahasiswa mendapat pengalaman belajar di luar kampus), IKU 3 (dosen berkegiatan di luar kampus), IKU 6 (peningkatan kerjasama program studi), IKU 7 (pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif) serta IKU 8 (program studi terakreditasi Internasional).

UPJ juga telah melaksanakan banyak program-program pada tahun pertama PKKM dalam bentuk peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa, yang tujuan utamanya adalah untuk transformasi kualitas lulusan UPJ, dosen dan pengajar, serta kualitas kurikulum. Dengan jumlah total mahasiswa aktif mencapai 3.200, UPJ sangat aktif mendorong serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi di level nasional hingga internasional.

Bahkan hasil dari beberapa kompetisi tersebut, UPJ berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Perguruan Swasta dengan Kegiatan Kemahasiswaan di Luar Kampus Terbaik ke-3 di LLDIKTI IV wilayah Jabar-Banten tahun 2022. Penghargaan ini diterima langsung oleh Rektor UPJ, Leenawaty Limantara Ph.D pada Februari 2022 di Bandung.

(Content Promotion/UPJ)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia