Ma'ruf Amin Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan SDM Sektor Industri Halal

Jauh Hari Wawan S - detikEdu
Rabu, 17 Nov 2021 13:30 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin berkunjung ke lokasi urban farming atau buruan sehat alami ekonomis (SAE) di RW 3 dan RW 4, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Wisma Putra)
Sleman -

Sektor industri halal terus menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan saat ini pemerintah terus bersinergi mengembangkan Indonesia sebagai pusat rantai nilai halal global.

"Adapun untuk industri halal pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan terus bersinergi mengembangkan Indonesia sebagai pusat rantai nilai halal global," kata Ma'ruf dalam 9th ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance yang digelar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (17/11/2021).

Ia menjelaskan, pemerintah telah mengupayakan langkah-langkah untuk percepatan di sektor industri halal.

"Beberapa langkah yang diupayakan adalah percepatan pembangunan kawasan industri halal, akselerasi sertifikasi halal, dan penguatan halal assurance system. Penguatan pendukung ekspor produk halal, pemanfaatan peluang ekspor di era pemulihan ekonomi serta pengintegrasian usaha besar dengan koperasi dan UMKM," jelasnya.

Ma'ruf melanjutkan, pengembangan industri halal perlu didukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) ahli dan spesialisasi pusat riset di bidang sains halal.

"Pekan lalu saya meresmikan halal center di UI dan saya berharap inisiatif ini akan disusul pula oleh banyak perguruan tinggi lagi. Sekali lagi pengembangan SDM merupakan hal utama yang perlu menjadi pokok pikiran perguruan tinggi. Pada gilirannya SDM ahli inilah yang akan menghasilkan inovasi-inovasi berkelanjutan," ujarnya.

Oleh karena itu, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu mendorong perguruan tinggi dapat membekali mahasiswa terkait pemahaman ekonomi dan keuangan syariah.

"Untuk itu para mahasiswa perlu dibekali dengan pemahaman tentang ekonomi dan keuangan syariah secara mendalam serta praktik-praktik yang relevan dengan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depan," ujarnya.



Simak Video "Bicara Kripto, Ma'ruf Amin Ungkit Fatwa MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia