So Sweet! Bapak dan Anak di Purworejo Wisuda Bareng Hari Ini

Rinto Heksantoro - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 13:15 WIB
Bapak dan Anak di Purworejo Wisuda Bareng
Foto: Foto Rinto Heksantoro
Purworejo -

Bapak dan anak di Purworejo, Jawa Tengah menempuh pendidikan bareng di perguruan tinggi hingga diwisuda bersama hari ini. Tak hanya bapak dan anak, ada juga kakak beradik, saudara kembar serta pasangan suami istri yang juga diwisuda bareng.

Sebanyak 117 wisudawan dan wisudawati dinyatakan lulus dan mengikuti prosesi wisuda XVI Program Diploma III Politeknik Sawunggalih Aji di Jl Wismoaji No 8, Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo pada Rabu (27/10/2021).

Dari sekian wisudawan, terdapat bapak dan anak yang diwisuda bareng hari ini. Sebelumnya, mereka juga menempuh pendidikan bersama selama tiga tahun dalam satu program studi yakni Akuntansi. Mereka adalah Sarwono (57) yang merupakan perangkat desa dan Miswan Nur Fauzi (26) yang nyambi sebagai pekerja pabrik.

Ada rasa haru sekaligus bangga ketika mereka diwisuda secara bersama di atas panggung dan difoto bersama pula. Meski sudah terhitung tua, Sarwono tetap semangat menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga tuntas.

"Hari ini saya bangga sekali karena bisa diwisuda bersama dengan anak saya, sebuah kebanggaan bagi keluarga saya. Dulu daftarnya juga bareng, jurusannya juga sama, Alhamdulillah lulus tepat waktu. Walaupun saya sudah tua, saya akan mendidik anak dan cucu saya agar melanjutkan ke perguruan tinggi," kata Sarwono saat ditemui detikEdu usai acara wisuda.

Hal senada juga diungkapkan oleh Miswan yang merasa bangga bisa satu almamater dengan sang ayah. Tak ada rasa canggung sama sekali meski harus mengambil jurusan yang sama, bahkan Miswan lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sedikit lebih baik dari ayahnya.

"Ya bangga juga karena bisa bareng dengan bapak, karena jarang-jarang ada bapak dan anak bisa kuliah bersama. Semoga setelah lulus ini saya bisa menjadi lebih baik dan ke depannya bisa membanggakan kedua orang tua," ucap Miswan.

Sementara itu, Direktur Politeknik Sawunggalih Aji, Sapta Aji menuturkan bahwa penyelenggaraan prosesi wisuda di kampusnya sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Tak hanya bapak dan anak, di antara wisuda dan wisudawati tersebut juga terdapat kakak beradik, saudara kembar hingga pasangan suami isteri yang juga diwisuda bersama.

"Kita sesuai prokes, kita sudah mendapat izin dari tim COVID-19 dan juga ada masukan dari Puskesmas untuk acaranya. Ya memang tadi yang diwisuda ada bapak anak yang merupakan suatu kebanggaan, ada juga yang kembar, terus adik kakak juga ada kemudian suami isteri juga ada," kata Sapta Aji.

Pihaknya berharap semua lulusan nantinya bisa menjadi orang yang sukses baik bagi diri sendiri, keluarga maupun negara. Ke depan, Kampus Politeknik Sawunggalih Aji juga akan terus mengembangkan pendidikannya demi memajukan sumber daya manusia yang ada di Purworejo dan sekitarnya.

"Tentunya kami sebagai orang tua harapannya mereka sukses mereka bisa berkarya dan menjadi warga negara yang baik dan bisa menyejahterakan keluarganya. Untuk politeknik, kita akan terus berkembang kita akan terus berupaya memenuhi kebutuhan Purworejo dan mengajukan program D IV serta program lain sehingga nanti bisa men-support penuh Purworejo terkait kebutuhan tenaga kerja," pungkasnya.



Simak Video "Berawal Gaji Rp.75 Ribu, Alumni PIP Kini Miliki Berbagai Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia