Sambut Maulid Nabi Muhammad, UI Gelar Lomba dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 17:45 WIB
Kampus Universitas Indonesia (dok. Istimewa)
Foto: Kampus Universitas Indonesia (dok. Istimewa)/Sambut Maulid Nabi Muhammad, UI Gelar Lomba dengan Hadiah Jutaan Rupiah
Jakarta - Perayaan Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada hari ini, Selasa (19/10/2021) juga diramaikan oleh Universitas Indonesia (UI). Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI), Direktorat Kemahasiswaan, Masjid Ukhuwah Islamiyah UI dan Forum Kebangsaan UI menggelar perlombaan seni religi tingkat nasional untuk mahasiswa dengan total hadiah mencapai jutaan rupiah.

Lomba seni religi ini diselenggarakan mulai 25 September hingga 25 Oktober 2021 mendatang. Beberapa jenis kesenian yang dilombakan yakni puitisasi Al Quran, musikalisasi puisi religi, serta video pendek tradisi maulid.

Karya-karya dari peserta lomba tersebut akan dinilai oleh beberapa nama yang familiar sebagai juri. Seperti Jose Rizal Manua, Damhuri Muhammad, dan Tommy F. Awuy, untuk lomba puitisasi Al Quran.

Kemudian Eros Djarot, Trie Utami, dan Reda Gaudiamo untuk juri lomba musikalisasi puisi religi. Hingga Ine Febriyanti, Yusuf Rahardjo, dan Abdullah Wong sebagai juri lomba video pendek.

Kepala MAC UI Ngatawi Al-Zastrouw menyebutkan bahwa perlombaan ini sebagai upaya menanamkan nilai-nilai religiusitas di kalangan mahasiswa. Menurutnya, nilai-nilai tersebut akan lebih mudah diterima melalui kesenian.

"Seni budaya merupakan cara efektif untuk menyentuh dan melembutkan hati manusia. Hati yang lembut akan membuat manusia memiliki kepekaan batin terhadap sesama," kata Zastrouw, dikutip dari situs resmi UI, Selasa (19/10/2021).

Senada dengan itu, Sekretaris Masjid UI Abdi Kurnia juga mengungkapkan bahwa perlombaan seni religi edisi Maulid Nabi Muhammad untuk menghidupkan spirit religiusitas orang-orang yang membacanya. Sekaligus upaya menanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad di kalangan mahasiswa.

"Sebagaimana kita ketahui dorongan cinta pada Nabi telah melahirkan berbagai karya seni dari para ulama seperti syair burdah, maulid dziba, barzanji, dan ribuan syair sholawat. Berbagai karya seni itu tidak saja membangkitkan mahabbah pada Nabi Muhammad tetapi juga menghidupkan spirit religiusitas orang-orang yang membacanya," ungkap dia.

Ajang perlombaan seni religi juga dijadikan sebagai momen mendorong kreativitas dan soft skill mahasiswa seperti yang disebutkan oleh Direktur Kemahasiswaan UI Badrul Munir. Nilai-nilai seni budaya dianggap sebagai pelengkap kemampuan akademis mereka.

Untuk para pemenang lomba, pihak UI menyiapkan sertifikat dan trofi. Selain itumereka akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 5 juta untuk juara pertama, Rp 3 juta untuk juara kedua, Rp 2 juta untuk juara ke tiga, dan juara harapan masing-masing Rp 1 juta.

Pengumuman pemenang lomba akan disampaikan melalui event Syiar Maulid yang akan dilaksanakan secara hybrid (perpaduan daring dan luring) pada 1 November 2021 jam 19.30.

Peserta lomba dipersilakan mengirim karya secara online di alamat https://bit.ly/3zwp2eI. Untuk ketentuan masing-masing lomba edisi Maulid Nabi Muhammad dapat disimak melalui Instagram @uiartcenter ya!

Simak Video "Jelang Libur Maulid Nabi, Arus Kendaraan di Tol Cipularang Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia