5 Universitas Terkemuka di Dunia yang Mengajarkan Bahasa Indonesia

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 13:30 WIB
Unik, Sekolah Australia Mengajarkan Kelas Agama Dalam Bahasa Indonesia
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Detikers tahukah kalian jika bahasa Indonesia tidak hanya diajarkan di Indonesia saja. Beberapa universitas di dunia juga ada yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah.

Setiap tahun Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menugaskan pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) untuk mengajarkan bahasa Indonesia di sejumlah perguruan tinggi.

Universitas terkemuka di mana saja yang mengajarkan Bahasa Indonesia? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari akun Instagram Badan Bahasa:

  • 1. Yale University

Bahasa Indonesia diajarkan di Council on Southeast Asia Studies, Yale University, Amerika Serikat. Di Yale, bahasa Indonesia ajarkan dari tingkat awal hingga tingkat lanjutan untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Di Yale juga terdapat Yale Indonesia Forum (YIF), sebuah kelompok mahasiswa dan fakultas interdisipliner dengan minat yang sama terhadap Indonesia. YIF juga menyelenggarakan beragam acara seperti seminar, lokakarya, dan konferensi.

  • 2. Al Azhar University

Bahasa Indonesia juga diajarkan di Al-Azhar University, Mesir. Tidak hanya itu di kampus ini, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua yang digunakan sehari-hari.

Hal tersebut dikarenakan agar bahasa tersebut banyak digunakan oleh mayoritas negara Asia Tenggara, yang penduduknya kebanyakan beragama Islam. Penggunaan bahasa Indonesia juga bertujuan untuk mengenalkan pemikir Islam yang belum banyak diketahui oleh Arab.

  • 3. Universita degli Studi di Napoli, L'Orientale

Bahasa Indonesia juga diajarkan di Universita degli Studi di Napoli, L'Orientale, Italia. Awalnya Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas ini dikenalkan oleh Alessandro Bausani yang merupakan seorang guru besar Islamologi dan Bahasa serta Sastra Persia.

  • 4. Institut National des Langues et Civilisations Orientales (Inalco)

Institut National Des Langues Et Civilisations Orientales (INALCO), Paris memperoleh fasilitas pengiriman pengajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2018 dan 2019.

  • 5. University of Vienna

Bahasa Indonesia juga diajarkan di Department of Social and Cultural Anthropology, University of Vienna, Austria.

Mata kuliah bahasa Indonesia pertama kali diajarkan pada bulan Maret 2018. Mahasiswa tingkat Sarjana dan pascasarjana dapat mengambil mata kuliah bahasa Indonesia. Mereka yang mengambil mata kuliah tersebut akan tiga kredit poin SKS.

Demikianlah daftar universitas di dunia yang mengajarkan bahasa Indonesia. Detikers tertarik mengunjungi universitas tersebut?



Simak Video "Aice & Kemendikbud Bagikan 2 Juta Masker untuk Sekolah Tatap Muka"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia