Mau Kuliah Jurusan Sastra Perancis? Ini Prospek Kerja Lulusannya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 11:00 WIB
Menara Eiffel
Foto: (Hernani Wahyu Nugraeni/d'Traveler)/Mau Kuliah Jurusan Sastra Perancis? Ini Prospek Kerja Lulusannya
Jakarta - detikers tertarik untuk memilih jurusan Sastra Perancis? Sebelum memastikan pilihan, tentunya diperlukan untuk mencari informasi terkait jurusan yang tengah diidamkan. Untuk itu, detikEdu menyajikan sekilas informasi tentang jurusan Sastra Perancis berikut dengan prospek kerja lulusannya.

Program studi Sastra Perancis biasanya masuk dalam rumpun fakultas bahasa. Sesuai namanya, tujuan dari jurusan ini untuk melahirkan lulusan yang mampu berbahasa Perancis dan terkonsentrasi pada dua kompetensi yakni kompetensi sastra dan linguistik.

Melansir dari situs Universitas Indonesia (UI), tidak hanya soal bahasa, mahasiswa jurusan Sastra Perancis juga akan dikenalkan dengan aspek sastra dan budaya dari negara Perancis.

"Pada program studi ini mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, namun juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat pemakai bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya," bunyi laman UI tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Sastra Perancis

Peluang kerja bagi lulusan jurusan Sastra Perancis tersebar di sejumlah sektor seperti perusahaan dalam maupun luar negeri, kementerian luar negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya.

Selain itu, beberapa prospek kerja yang paling diminati oleh lulusan Sastra Perancis seperti yang dikutip dari situs Universitas Padjajaran di antaranya,

  • 1. Pegawai di Institusi Perancis

Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, kemampuan untuk memimpin dan bekerja sama serta berkomunikasi dalam bahasa Perancis secara lisan dan tulis.

  • 2. Penerjemah

Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, dan kemampuan untuk menerjemahkan sumber bahasa Perancis baik lisan maupun tulis.

  • 3. Agen Pariwisata

Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, kemampuan untuk mengatur dan merencanakan perjalanan wisata serta pendampingan turis.

  • 4. Kementerian Luar Negeri

Lulusan prodi Sastra Perancis dapat bekerja sebagai staf Kementerian Luar Negeri. Karena di sana tidak hanya lulusan Hubungan Internasional saja tetapi juga lulusan sastra juga dibutuhkan.

  • 5. Tenaga Pendidik

Jika kamu melanjutkan kuliah S2, tentunya peluang untuk menjadi tenaga pendidik sebagai guru dan dosen akan terbuka lebih lebar.

  • 6. Lembaga Budaya

Jika kamu lulusan Sastra Perancis dan mencintai budaya Prancis tentunya kamu dapat bekerja di lembaga budaya Prancis yang ada di Indonesia seperti di Institut Francais Indonesia. Dengan kemahiran dalam berbahasa dan komunikasi tentunya kamu bisa mencoba tantangan baru untuk berkarier di lembaga Kementerian Luar Negeri Prancis.

Setelah lulus dari program S1 Sastra Perancis, mahasiswa juga dapat melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi (S2) dengan bidang ilmu sastra, linguistik, kebudayaan, penerjemahan, kepariwisataan, hubungan internasional, komunikasi dan sebagainya.

Jurusan Sastra Perancis bisa dipelajari di beberapa universitas berikut ini,

  • Universitas Indonesia (UI), Depok
  • Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung
  • Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Universitas Negeri Manado (Unima)
  • Universitas Negeri Medan (Unimed)

Nah, kamu semakin yakin untuk memilih jurusan Sastra Perancis?

Simak Video "Mahasiswa-Dosen UI Unjuk Rasa di Kampus, Tuntut Statuta Dibatalkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia