Mengenal NUS, Kampus Profesor Singapura yang Sanjung Jokowi-SBY-Ahok

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 08 Okt 2021 19:00 WIB
National University of Singapore
Foto: National University of Singapore (dok. NUS)
Jakarta -

Profesor Singapura sekaligus peneliti di National University of Singapore (NUS), Kishore Mahbubani, menyanjung Presiden Jokowi sebagai sosok pemimpin yang jenius. Pemikir yang pernah menjadi diplomat ini ternyata juga pernah memberikan pujian pada bekas Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama alias Ahok dan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Apakah detikers tahu, NUS merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Asia bahkan dunia. NUS berhasil meraih peringkat 21 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education World University Rankings 2022? Berikut fakta-fakta tentang NUS yang siswa perlu tahu.

Fakta National University of Singapore (NUS)

1. Bermula dari Sekolah Kedokteran

NUS bermula dari sekolah kedokteran dengan 23 siswa pada tahun 1905. Kampus ini didirikan oleh sejumlah pengusaha yang dipimpin Tan Jiak Kim untuk mendukung kebutuhan warga setempat.

2. Hasil Kerjasama University of Singapore dan Nanyang University

Setelah sejumlah perubahan status dan nama, NUS didirikan dari kerjasama antara University of Singapore dan Nanyang University pada 1980.

3. Peringkat 21 Universitas Terbaik di Dunia Versi THE WUR 2022

NUS menempati peringkat ke-21 universitas terbaik di dunia vesi Times Higher Education Worlds University Rangkings atau THE WUR 2022. Pencapaian ini menempatkan NUS sebagai universitas terbaik di Singapura dan peringkat ke-3 universitas terbaik di Asia versi THE Asia University Rankings 2021.

Peringkat NUS disusul Nanyang Technological University, Singapura atau NTU di posisi ke-48 universitas terbaik di dunia versi THE WUR 2022.

4. Top 10 Universitas Terbaik Dunia di Bidang Computer Science

THE WUR 2022 by Subject menempatkan NUS di peringkat ke-8 universitas terbaik di dunia pada bidang Computer Science untuk kedua kalinya. Dari peringkat 10 besar universitas terbaik dunia di bidang Computer Science, NUS adalah kampus satu-satunya dari Asia.

Sebagai informasi, peringkat pertama universitas terbaik dunia di bidang Computer Science diraih University of Oxford, disusul Stanford University, dan Massachusetts Institute of Technology.

5. Top 10 Universitas Terbaik Dunia di Bidang Engineering

NUS menjadi satu-satunya universitas baru yang menduduki peringkat 10 besar universitas terbaik dunia di bidang Engineering versi THE WUR 2022 by Subject. Pada pemeringkatan tersebut, NUS menempati peringkat 10, naik 2 peringkat dari pemeringkatan 2021. Top 10 kampus terbaik dunia di bidang Engineering versi THE WUR 2022 lainnya diisi kampus dari Amerika Serikat, Britania Raya, dan Switzerland.

NUS juga menempati peringkat ke-16 universitas terbaik dunia di bidang Physical Sciences, peringkat ke-24 Life Sciences, peringkat-17 di bidang Clinical and Health, dan ke-58 di bidang Psychology.

Selanjutnya NUS beri beasiswa untuk murid Indonesia >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia