8 Etika Menghubungi Dosen dengan Sopan, Maba Wajib Simak nih!

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 11:00 WIB
Smiling young woman wearing headphones sit at desk working at laptop making notes, happy millennial female in modern earphones study watch webinar on computer handwrite in notebook
Foto: iStock
Jakarta - Apakah detikers juga sering deg-degan saat hendak menghubungi dosen? Tentunya, untuk mengirim pesan pada dosen, kita tidak bisa sembarangan.

Ada cara tersendiri agar pesan yang disampaikan tetap sopan dan maksud kita dapat diterima dengan baik. Nah, apa saja tipsnya?

Berikut ini detikEdu telah merangkum sejumlah tipsnya dari situs resmi Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

8 Etika Menghubungi Dosen

  • 1. Memperhatikan waktu saat mengirim pesan

Sebaiknya, kalian tidak menghubungi dosen ketika jam-jam istirahat maupun beribadah. Misalnya, jangan mengirim chat di atas jam 8 malam karena sudah memasuki waktu untuk istirahat.

  • 2. Pakai tata bahasa yang baik dan benar

Dalam mengirim pesan, pastinya kalian perlu memperhatikan siapa penerimanya. Ketika mengirim pesan pada dosen, maka konteksnya adalah formal.

Jadi, gunakan bahasa yang umum dipahami, tanda baca yang benar, dan usahakan menghindari singkatan. Misalnya adalah ok, y, sy, dan sebagainya.

  • 3. Awali pesan dengan salam, tapi jangan disingkat

Kalian bisa memulai pesan dengan "selamat pagi/siang/sore" atau "assalamu'alaikum" apabila sesama muslim. Hal ini tidak hanya lebih sopan, tetapi juga lebih nyaman dibaca.

  • 4. Jangan lupa memperkenalkan diri

Dosen kalian tentunya telah bertukar pesan dengan ratusan mahasiswa. Terlebih, tidak semua nomor mahasiswanya juga disimpan.

Sehingga, kalian tidak boleh lupa mencantumkan nama serta identitas. Contohnya berupa nama, mahasiswa program studi apa, angkatan berapa, dan mata kuliah apa yang diajarkan oleh beliau.

  • 5. Sampaikan keperluanmu dengan jelas dan lengkap

Setelah memperkenalkan diri, katakan konteks keperluanmu seperti apa. Kemudian, tanyakan kesediaan beliau terhadap kebutuhanmu.

Meski begitu, jangan memberi pesan yang kesannya mendesak dosen yang bersangkutan. Lebih baik lagi jika kalian menyampaikan kebutuhan beberapa hari sebelum hal itu dibutuhkan.

  • 6. Tak lupa ucapkan terima kasih

Setelah menyampaikan kebutuhan kalian dan menanyakan kesediaan, akhiri pesan kalian dengan mengucapkan terima kasih. Hal ini dapat memberi kesan sopan.

  • 7. Usahakan agar pesan berada dalam satu bubble chat

Selain untuk efisiensi, mengirim pesan pada satu bubble chat juga dapat menghindarkan persepsi yang keliru ketika dosen membaca pesan kalian secara sekilas melalui notifikasi ponsel. Hal ini juga dapat memudahkan beliau ketika membalas pesan kalian nantinya.

  • 8. Gunakan foto kalian sendiri

Sebaiknya kalian menggunakan foto kalian sendiri saat mengirim pesan. Ini dapat memudahkan dosen mengenali kalian ketika nantinya harus bertemu secara langsung. Hindari menggunakan foto idola, anime, atau hewan peliharaan.

Nah, itu dia sederet etika dalam menghubungi dosen melalui pesan. Terapkan agar kalian tidak diabaikan dosen ya, detikers!

Simak Video "Ungkapan Syukur Dosen Unsyiah Usai Bebas dari Bui karena Amnesti Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia