Cegah COVID-19, ITB Salurkan 20 Penyaring Udara Bertenaga Baterai VitaFlo

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 09:00 WIB
logo itb
Foto: logo itb/Cegah COVID-19, ITB Salurkan 20 Penyaring Udara Bertenaga Baterai VitaFlo.
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyalurkan 20 unit Powered Air-Purifying Respirator (PAPR) VitaFlo untuk tenaga medis. Penyaluran dilakukan langsung ke beberapa rumah sakit di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Kalimantan (masih konfirmasi).

Pembuatan VitaFlo dilakukan di Laboratorium Energi Terbarukan, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB. Pengembangan alat didukung Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB.

VitaFlo bertujuan mendukung penanganan dan mencegah infeksi COVID-19 pada nakes. Ketua tim peneliti Dr Yuli Setyo Indartono mengatakan, Vitaflo adalah alat pelindung diri yang memadukan fungsi masker, pelindung wajah, dan kacamata pelindung.

Alat VitaFlo terdiri dari box blower dan filter untuk mengalirkan, memfilter udara, serta penutup wajah atau full-face protector. Udaranya disalurkan melalui selang (grade medis) dari blower ke full-face protector.

"Aliran udara yang masuk ke dalam full-face mask menyebabkan tekanan udara lebih tinggi di dalam face mask dibandingkan yang di luar. Sehingga mencegah kontaminasi bakteri/virus dari luar," kata Yuli dikutip dari laman ITB.

VitaFlo bekerja menggunakan baterai yang mampu bertahan 5 jam 30 menit. Dengan menggunakan VitaFlo, tenaga kesehatan tidak perlu lagi memakai masker, goggle, dan face shield. Namun Yuli mengingatkan, Alat Pelindung Diri (APD) lain tetap perlu digunakan.

Cegah COVID-19, ITB Salurkan 20 Penyaring Udara Bertenaga Baterai VitaFloCegah COVID-19, ITB Salurkan 20 Penyaring Udara Bertenaga Baterai VitaFlo Foto: situs ITB

Fungsi VitaFlo sudah melalui beberapa pengujian, yang pertama di laboratorium Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB. Hasilnya efektivitas filtrasi bakteri mencapai 99,9 persen untuk ukuran bakteri 0,5-2 mikrometer. Sedangkan untuk partikel berukuran kurang dari 0,1 mikrometer (ukuran virus) efektifitasnya mencapai 97 persen.

Di masa depan, VitaFlo tidak hanya bisa digunakan nakes selama pandemi COVID-19. PAPR karya ITB ini bisa digunakan para pekerja industri yang sering terpapar debu dan partikel berbahaya. VitaFlo bisa menyaring partikel-partikel berukuran kecil dengan baik.

Simak Video "Bangga! Kolaborasi Kampus ITS-ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik, Ini Bentuknya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia