Metamorfosis RSGM UNAIR, dari Klinik hingga Dapat Akreditasi RS Pendidikan

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 17 Sep 2021 14:45 WIB
RSGM Unair Surabaya
RSGM Unair Surabaya Foto: dok. Unair
Jakarta - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga (Unair) resmi jadi RSGM Pendidikan keempat di Indonesia setelah mendapat akreditasi dari Kementerian Kesehatan. Akreditasi diberikan pada Selasa, (7/9/2021) lalu.

Perolehan akreditasi ini diakui Direktur RSGM UNAIR Coen Pramono sebagai capaian yang tidak mudah dan melalui proses panjang. Awalnya, RSGM Unair hanya berbentuk klinik biasa yang melekat pada Fakultas Kedokteran Gigi Unair.

"Klinik biasa ini kemudian bermetamorfosis menjadi RSGM, hingga kemudian karena ada aturan aturan baru, maka RSGM ini harus berubah menjadi RS Pendidikan," ujar Coen dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/9/2021).

Proses akreditasi sangat panjang karena ada beberapa hal yang perlu dilihat agar RSGM Unair bisa menjadi layak sebagai RS Khusus. Ada beberapa hal yang disyaratkan seperti memiliki rawat jalan, rawat inap, ruang bedah, dan pengelolaan limbah.

Kerja keras membuat RSGM Unair berhasil meraih bintang lima dalam penelitian akreditasi. "Hal itu karena kami melakukan operasional sesuai dengan ketentuan dari Kemenkes. RSGM juga memiliki semua hal yang dipersyaratkan RS Khusus," ujar Coen.

Guru Besar Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unair itu mengatakan, akreditasi RS Pendidikan merupakan hal penting untuk menyelenggarakan pendidikan, pelayanan, dan penelitian di FKG Unair.

Selain itu, menurut Coen, akreditasi ini juga bertujuan agar RSGM Unair dapat memberikan surat izin praktik sebagai spesialis kepada para peserta didik spesialis gigi di FKG Unair.

Setelah resmi menjadi RS Pendidikan, RSGM UNAIR berencana untuk melakukan pembenahan internal. Selain itu, RSGM UNAIR untuk memiliki keinginan untuk bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan atau lembaga asuransi lainnya.

Di tengah masa pandemi ini, Prof. Coen Pramono mengatakan bahwa dokter gigi tengah kesulitan mencari pasien karena tingginya risiko penyebaran COVID-19 melalui mulut. Maka dari itu, RSGM Unair telah menyediakan tempat yang aman bagi pasien.

"RSGM Unair menyediakan tempat yang aman bagi pasien. Kami melakukan perawatan di ruangan bertekanan negatif untuk pasien COVID-19 sehingga aman bagi dokter dan pasien," katanya.

Selain RSGM Unair, RSGM lain yang telah mendapat akreditasi serupa adalah RSGM Universitas Hasanuddin, RSGM Universitas Trisakti, dan RS Khusus Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman.

Simak Video "Indekos Hingga Kuliner di Unair yang Para Maba Harus Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia