Dear Mahasiswa, Ada Pesan Nih dari Menlu dalam Hadapi Persaingan Global

Kristina - detikEdu
Sabtu, 28 Agu 2021 16:00 WIB
Menlu Retno
Foto: Kristina/detikEdu
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memberikan pesan bagi generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa. Menurutnya, dibutuhkan teamwork dan network yang kuat untuk dapat bersaing dalam perkembangan dunia.

Pesan tersebut disampaikan Retno Marsudi dalam acara Inspiring Talk Anniversary Events Indonesia Mengglobal, Sabtu (28/8/2021). Dia mengawalinya dengan bercerita tentang proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan.

"Kita bersyukur bahwa tanggal 20 Agustus pagi hari kita berhasil melakukan evakuasi terhadap 26 WNI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan dari Kabul. Dan mereka pada tgl 21 Agustus dini hari dengan selamat berhasil mendarat di Halim menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara," cerita Retno.

Dari peristiwa tersebut, katanya, terdapat banyak hal yang dapat dipetik. Retno mengatakan, evakuasi yang berat dan memiliki risiko besar hanya dapat dilakukan karena adanya tim yang solid.

"Evakuasi yang berat dan besar risikonya ini hanya dapat dijalankan karena kita, tim evakuasi, saya khususnya memiliki tim yang solid, teamwork yang solid, koordinasi yang tepat dan networking kerja yang luas, dan dalam," katanya.

Retno menegaskan, soliditas, koordinasi, teamwork hingga network sangat diperlukan dan dipastikan akan berguna dalam menunjang profesi di masa depan. Untuk dapat membangun networking yang kuat, diperlukan keberanian dan kapasitas diri yang memadai.

"Dan saya ingin anak-anak muda Indonesia mampu mengembangkan networking yang luas baik di dalam maupun luar negeri," jelas Retno.

Menlu Retno juga turut berbicara pentingnya energi positif dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Energi positif itulah yang harus selalu menyertai setiap langkah pemuda Indonesia.

"Saya ingin anak-anak muda Indonesia menghargai teamwork, menghargai teman kerja, jangan saling memukul, justru harus saling menguatkan. Energi positif yang selalu menyertai pekerjaan kita," katanya.

Selain itu, mahasiswa juga harus memiliki keberanian untuk memimpin dan mengambil risiko. Setiap pekerjaan memiliki risiko. Maka, dia menyarankan untuk selalu menghitung setiap risiko secara matang.

Retno mencatat, kelemahan dari generasi saat ini seringkali tidak melakukan pekerjaan dengan detail, tidak kuat dengan data, dan tidak memiliki kemampuan menyampaikan argumen dengan baik.

Dia pun memberikan saran agar generasi muda dapat membaca banyak referensi, berlatih menyatakan pendapat dan menyampaikan sanggahan, serta menanggapi kritik dengan santun tetapi substantif.

Terakhir, Retno Marsudi berpesan agar menjadikan pandemi sebagai kesempatan untuk mengembangkan dan mengasah kapasitas diri.

"Gunakan pandemi ini masa yang penuh tantangan ini untuk berubah, untuk mengasah, untuk mengasah kapasitas diri kita, sehingga kita bisa berlari lebih cepat dan mampu bersaing dengan dunia," pungkasnya.



Simak Video "Menlu Retno Disambut Menlu Blinken di Washington"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia