10 PTN Peraih Medali Terbanyak KNMIPA 2021 Ada ITB, UGM, hingga USU

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 18:30 WIB
Scientist Working in The Laboratory
Foto: iStock/10 PTN Peraih Medali Terbanyak KNMIPA 2021 Ada ITB, UGM, hingga USU.
Jakarta - Sebanyak 10 PTN menjadi peraih medali terbanyak dalam Kompetisi National Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Perguruan Tinggi Tahun 2021. Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi salah satu yang menghuni daftar 10 besar tersebut.

"Selamat kepada para juara Kompetisi National Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Perguruan Tinggi Tahun 2021! Semoga dapat selalu terbang tinggi dan gigih meraih prestasi," tulis Pusat Prestasi Nasional dalam Instagramnya puspresnas.

Puspresnas mengupload 10 PTN yang meraih medali terbanyak dalam kompetisi tersebut. USU berhasil meraih tiga medali yang dihasilkan para mahasiswa dari Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU.

Daftar 10 PTN peraih medali terbanyak di KNMIPA 2021:

1. Institut Teknologi Bandung, 18 medali

2. Universitas Indonesia, 15 medali

3. Universitas Gadjah Mada, 14 medali

4. Universitas Brawijaya, 7 medali

5. Institut Pertanian Bogor, 5 medali

6. Intitut Teknologi Sepuluh Nopember, 5 medali

7. Universitas Airlangga, 5 medali

8. Universitas Diponegoro, 4 medali

9. Universitas Pendidikan Indonesia, 3 medali

10. Universitas Sumatera Utara (USU), 3 medali

KNMIPA diikuti 260 peserta yang berpartisipasi secara daring. Puspresnas, Kemendibudristek sebagai penyelenggara kompetisi menyediakan kategori pemenang emas, perak, perunggu, dan honorable mention.

Menanggapi prestasi ini, rektor USU Muryanto merasa senang dan bersyukur. Prestasi para mahasiswa USU adalah capaian yang luar biasa, yang bisa lebih baik lagi jika mendapat support dan motivasi.

"Capaian ini menunjukkan mahasiswa kita tak kalah saing. Mereka harus didorong untuk terus berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional," ujar Muryanto dari keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Senin (2/8/2021).

Prestasi untuk USU dalam KNMIPA diraih Fevin yang mendapat medali perunggu, Steven Tanady dengan medali perak dan honorable mention untuk Geoffrey Orlando dari FT USU. Muryanto berharap prestasi ini bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk meraih capaian serupa.

Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia