Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Masih Kuliah Boleh Daftar?

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 17:02 WIB
Pelatihan Prakerja
Foto: Pelatihan Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)/Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Masih Kuliah Boleh Daftar?
Jakarta - Pembukaan Kartu Prakerja gelombang 18 menjadi salah satu topik yang paling dicari netizen pada Minggu (1/8/2021). Pemerintah memang melanjutkan program ini hingga akhir tahun 2021, namun belum ada kabar dimulainya Kartu Prakerja gelombang 18.

Jeda waktu bisa digunakan untuk mempersiapkan diri jelang pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18. Termasuk bagi yang masih kuliah dan ingin mengikuti program ini untuk meningkatkan kompetensi. Pemerintah telah menyiapkan syarat peserta Kartu Prakerja.

Apakah yang masih kuliah boleh daftar Kartu Prakerja gelombang 18?

Menjawab pertanyaan ini, detikers bisa melihatnya di situs Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Dalam situs tersebut diterangkan siapa saja yang bisa mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

"Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika kamu adalah pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Untuk itu, kamu harus memenuhi syarat sebagai WNI berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal," tulis situs Kartu Prakerja.

Dengan adanya pandemi COVID-19 yang berlangsung hingga kini, program Kartu Prakerja sementara diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan. Program juga diutamakan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Peserta Kartu Prakerja tidak harus mengganggu dan tak bertujuan menggaji pengangguran. Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro boleh daftar asal memenuhi syarat program untuk meningkatkan kompetensi.

Syarat peserta Kartu Prakerja gelombang 18

Berikut adalah syarat yang wajib diikuti dan telah ditetapkan sejak gelombang pertama.

  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro fsn kecil
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Buat detikers yang mau daftar Kartu Prakerja gelombang 18, semoga beruntung ya.

Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia