Unair Uji Klinis Vaksin Merah Putih September 2021, Rektor: Semua Kita Kerahkan

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 16:01 WIB
Infografis Vaksin Merah Putih
Foto: detikcom
Jakarta - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengagendakan uji klinis vaksin Merah Putih pada manusia digelar pada September 2021. Target pelaksanaan ini mundur dari rencana sebelumnya pada Agustus 2021.

Koordinator Produk Riset COVID-19 Unair, Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan mundurnya uji klinis vaksin Merah Putih tersebut disebabkan ketersediaan Makaka sebagai hewan percobaan dalam penelitian.

Nyoman menyampaikan pelaksanaan uji klinis dijadwalkan kembali pada akhir September 2021. Namun diharapkan pada pertengahan September sudah bisa dimulai. "Kayaknya September akhir, minggu ketiga. Harapan kita pertengahan kalau mundur," kata Nyoman Minggu (1/8/2021).

Sementara Rektor Unair Mohammad Nasih menyatakan dalam menghadapi pandemi COVID-19, kampus harus hadir sesuai kompetensi yang dimiliki terutama melakukan penelitian dan pembuatan vaksin.

Nasih menyebutkan Unair memiliki tenaga ahli atau peneliti virus dan pengembang vaksin. Selain itu, Unair juga punya laboratorium biosafety levels (BSL) 3. Semua sumber daya tersebut ujar Nasih dikerahkan untuk meneliti dan mempercepat pelitian dan pengembangan vaksin Merah Putih.

"Lab BSL 3 ini memang masih perlu perbaikan. Ya semua (sumber daya) kita kerahkan," ujar Nasih yang juga Guru Besar bidang Akuntansi Unair itu dalam keterangannya, Minggu (1//8/2021).

Sementara Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto meminta produksi vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga Surabaya bekerja sama dengan Lembaga Eikjman agar dipercepat.

Dia mengatakan, percepatan itu harus dilakukan karena beberapa faktor dari mulai melepas ketergantung RI terhadap impor vaksin hingga persiapan dari pandemi ke endemi.

"Tentu kita melihat bahwa ke depan, kita perlu mempunyai kemampuan untuk memproduksi vaksin, oleh karena itu pemerintah berharap vaksin yang diinisiasi oleh Unair ini bisa di percepat," kata Airlangga dalam acara Faculty of Medicine Universitas Airlangga di YouTube, Jumat (30/7/2021).



Simak Video "Detail Seputar Produksi Vaksin Merah Putih Unair di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia