2.000 Mahasiswa Ikuti Vaksinasi Perdana di UIN Raden Mas Said

Ari Purnomo - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 16:18 WIB
Vaksinasi perdana bagi mahasiswa di gedung Graha UIN Raden Mas Said Solo, Sabtu (31/7/2021).
Vaksinasi perdana bagi mahasiswa di gedung Graha UIN Raden Mas Said Solo, Sabtu (31/7/2021) (Foto: Ari Purnomo /detikcom)
Sukoharjo -

Sebanyak 2 ribu mahasiswa dari berbagai universitas mengikuti vaksinasi perdana untuk mahasiswa di gedung Graha UIN Raden Mas Said, Solo, Sabtu (31/7/2021). Vaksinasi ini digelar atas kerjasama berbagai pihak yakni TNI, Polri, Jasa Raharja, UIN Raden Mas Said dan berbagai pihak pendukung lainnya.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi menjelaskan, vaksinasi yang diperuntukkan khusus bagi para mahasiswa ini merupakan yang pertama kali diadakan.

"Pelaksanaan vaksinasi ini kick off atau yang pertama di kampus. Artinya khusus wilayah Jateng, sebagaimana perintah dari bapak Kapolri dan Panglima TNI agar bergerak di komunitas pelajar dalam hal ini di kampus-kampus," ujarnya.

Mantan Kapolresta Solo itu menambahkan, dalam kegiatan kali ini sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari swab dan Prokes yang lainnya.

"Sudah diswab, semuanya sudah clear tentang kegiatannya. Sehingga tidak ada istilah nanti akan timbul klaster sendiri terkait dengan panitia itu sendiri," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto mengatakan, vaksinasi kepada para mahasiswa ini salah satunya sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Antisipasi jika ada PTM maka akan siap, Kodam dan Polda sudah seminggu yang lalu diawali vaksinasi bagi pelajar di atas 12 tahun, pondok-pondok pesantren," katanya.

Harapannya, lanjut Rudianto, proses kegiatan tatap muka semua sudah siap dan mempunyai herd immunity secara menyeluruh.

Pangdam juga mengatakan, bagi mahasiswa yang belum mendapatkan kesempatan vaksin maka bisa didata oleh BEM dan dikomunikasikan dengan Kodam dan Polda untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Bagi adik-adik mahasiswa yang belum divaksin, BEM bisa komunikasi dengan Kodam dan Polda sehingga kita bisa berkolaborasi untuk pelaksanaan vaksinasi," ungkapnya.



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Disabilitas Terkendala Dukungan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia