Jokowi Minta Perguruan Tinggi Lama Lakukan Peremajaan Kurikulum-Manajemen

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 27 Jul 2021 18:40 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meminta perguruan tinggi lama di Indonesia berbenah dan melakukan peremajaan agar tangguh menghadapi disrupsi. Peremajaan harus dilakukan di berbagai bidang mulai dari kurikulum, sistem pembelajaran hingga manajemen.

Jokowi mengatakan profesi di masa mendatang membutuhkan hybrid knowledge dan hybrid skill. Karena itu para pimpinan perguruan tinggi diminta tidak "memagari" disiplin ilmu dengan terlalu kaku.

"Korbannya bukan hanya para alumni yang gagap menyongsong masa depan tetapi juga perguruan tinggi tidak membangun relevansi dalam dunia yang sedang terdisrupsi," ujarnya Jokowi dalam konferensi Forum Rektor Indonesia, Selasa (27/7/2021).

"Perguruan tinggi yang usianya sudah tua tolong lakukan peremejaan diri, peremajaan kurikulum dan sistem pembelajaran, manajemen dan berperilaku agar tetap tangguh dan kompetitif di dunia yang baru."

Sementara bagi perguruan tinggi yang masih muda, Presiden Jokowi menyatakan disrupsi saat ini justru merupakan sebuah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pasalnya perguruan tinggi ini tidak terbebani untuk membuang tradisi kerja masa lalu.

"Perguruan tinggi baru berkesempatan melompat ke cara kerja baru, kurikulum baru, dan manajemen model baru. Disrupsi sekarang ini memberi kesempatan pada pendatang baru dan remaja untuk mendahului yang lama dan terbebani dengan cara-cara lama," ujarnya.

Presiden menyatakan akan terus mengulang permintaannya agar cepatnya perubahan dunia yang sedang terjadi bisa terus disadari. Jokowi juga menyebut pemerintah bekerja keras mengembangkan ekosistem kebijakan yang kondusif bagi pengembangan cara-cara baru yang lebih produktif dan efisien.

"Saya harap perguruan tinggi harus lebih progresif dalam membangun cara kerja baru untuk menyiapkan masa depan para mahasiswa kita dan untuk menyiapkan Indonesia mendahului negara-negara lain," katanya.



Simak Video "Jokowi Harap 70% Lebih Warga Sudah Divaksinasi hingga Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia