Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Tertarik Kuliah di Sana?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 26 Jul 2021 11:35 WIB
Orang Finlandia
Foto: (iStock)
Jakarta - World Happiness Report telah merilis daftar negara paling bahagia di dunia tahun 2021. Negara Finlandia masih tetap menempati peringkat teratas disusul Islandia yang naik peringkat.


Dilansir dari Forbes, World Happiness Report merupakan lembaga yang diluncurkan pada tahun 2012 untuk melakukan survei tahunan terhadap kebahagiaan global di negara-negara di seluruh dunia.


Pemeringkatan kebahagiaan ini didasarkan pada tingkat PDB, harapan hidup, kemurahan hati, dukungan sosial, kebebasan, dan pendapatan korupsi.


Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini para peneliti tidak dapat melakukan wawancara tatap muka di sejumlah negara untuk melihat indikator kebahagiaan.


Indikator Penilaian yang Berbeda

Penilaian difokuskan pada hubungan antara kesejahteraan dan penanganan Covid-19 di setiap negara untuk menentukan peringkat kebahagiaan.


"Kita perlu segera belajar dari Covid-19. Pandemi mengingatkan kita pada ancaman lingkungan global kita, kebutuhan mendesak untuk bekerja sama, dan sulitnya mencapai kerja sama di setiap negara dan secara global," kata Jeffrey Sachs, profesor dan direktur Pusat Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Columbia.


Jeffrey Sachs juga menjelaskan bahwa World Happiness Report 2021 mengingatkan dunia bahwa kesejahteraan lebih penting daripada sekadar kekayaan.


"World Happiness Report 2021 mengingatkan kita bahwa kita harus membidik kesejahteraan daripada sekadar kekayaan, yang memang akan cepat berlalu jika kita tidak melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan," tambahnya.


Peringkat 10 Besar Berubah Kecuali Finlandia


Berdasarkan laporan World Happiness Report 2021, posisi peringkat 10 besar dari tahun lalu mengalami perubahan, kecuali pada peringkat pertama.


Islandia berhasil naik peringkat dari nomor empat menjadi nomor 2. Sementara Denmark turun dari nomor dua ke nomor tiga. Begitupun dengan Swiss yang turun peringkat dari nomor tiga ke empat.


Hasil yang tidak mengherankan kembali terjadi karena Finlandia sekali lagi menempati posisi teratas sebagai negara paling bahagia di dunia menurut data survei yang diambil dari Gallup World Poll ini.


Para peneliti mengatakan bahwa Finlandia saat ini masih menjadi negara dengan tingkat kepercayaan paling tinggi. Hal tersebut sangat membantu untuk menangani pandemi di negaranya.


Kepercayaan antara penduduk dan pemerintahannya menjadi kunci penting bagaimana Finlandia masih menempati posisi pertama tahun ini.


"Anehnya, secara rata-rata, tidak ada penurunan kesejahteraan jika diukur dengan evaluasi seseorang terhadap kehidupan mereka," kata profesor John Helliwell dari Universitas British Columbia, yang juga berkontribusi pada laporan tersebut.


Menurut John, hal itu dikarenakan bahwa saat ini orang melihat Covid-19 sebagai ancaman umum dari luar yang mempengaruhi semua orang namun di sisi lain telah menghasilkan rasa solidaritas dan perasaan sesama yang lebih besar.


Daftar Lengkap 10 Negara Paling Bahagia di Dunia


Berikut ini daftar 10 negara paling bahagia tahun 2021 menurut World Happiness Report:


1. Finlandia

2. Islandia

3. Denmark

4. Swiss

5. Belanda

6. Swedia

7. Jerman

8. Norwegia

9. Selandia Baru

10. Austria

Tetap bisa mempertahankan posisi sebagai negara paling bahagia di dunia, berikut universitas yang bisa mahasiswa pilih ketika ingin melanjutkan kuliah ke Finlandia:

- Universitas Aalto
- Åbo Akademi University
- Universitas Teknologi Lappeenranta-Lahti LUT
- Universitas Ilmu Pengetahuan Terapan Savonia
- Universitas Tampere
- Turku University of Applied Sciences
- Universitas Finlandia Timur
- Helsinki Universitas
- Universitas Jyväskylä
- Universitas Teknologi Tampere
- Universitas Oulu



Simak Video "Pertama dalam Sejarah, Parlemen di Islandia Didominasi Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia