5 Tips Agar Tidak Dimarahi Senior Saat Ospek Online

Anastasia Anjani - detikEdu
Jumat, 23 Jul 2021 17:40 WIB
Businesswoman Checking E-mail Online on Laptop
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta - Sebentar lagi para mahasiswa baru (maba) akan menyambut masa orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang dikenal dengan ospek. Namun dikarenakan adanya kegiatan ini dilakukan secara online sehingga lebih dikenal dengan ospek online.

Walaupun ospek online, ketegasan senior dalam mengatur maba masih tidak bisa dihindarkan. Bagaimana agar ospek online berjalan dengan lancar dan tidak dimarahi senior? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman UIN Jakarta:

1. Mempersiapkan Jadwal Ospek dengan Baik

Sebagai maba hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan jadwal ospek dengan baik. Usahakan untuk bangun teoat waktu agar tidak ketinggalan mengikuti kelas virtual. Hal ini dapat dilakukan dengan memasang alarm atau pengingat khusus.

2. Kuota Internet

Kuota internet adalah hal krusial. Pastikan kuota internet kalian stabil dan mencukupi karena akan digunakan untuk meeting online seperti Google Meet dan Zoom. Jangan sampai ketika senior menyampaikan materi saat ospek online koneksi kalian terputus ya!

3. Menggunakan Pakaian Sopan

Walaupun ospek dilakukan secara online, peraturan mengenakan pakaian harus tetap diikuti loh detikers. Jangan menggunakan kaos oblong atau kaos berlengan. Gunakan kemeja rapih atau pakaian sopan yang sudah disetrika.

4. Mengerjakan Tugas yang Diminta

Dalam ospek biasanya selalu ada serangkaian tugas yang diberikan oleh universitas. Usahakan selalu selesaikan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Selain itu jika senior memberikan arahan untuk tidak memasang mode mute, harap diikuti. Jangan lupa untuk aktif dalam kegiatan ospek online ya detikers!

5. Jangan Mudah Baper

Jika ada senior yang menegur kalian anggaplah itu merupakan suatu bentuk peringatan agar menjadi lebih disiplin saat menjalani perkuliah nantinya. Nantinya saat melakukan kegiatan perkuliahan akan jauh berbeda daripada ospek. Usahakan saat ditegur juga tidak pasif dan merespon pertanyaan yang diberikan. Jangan dimasukkan ke hati ya detikers, kalian juga bisa menanyakan kesalahan kalian.

Itu tadi 5 tips ospek online agar tidak dimarahi senior. Bagaimana apa sudah siap melakukan ospek online?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia