10 Universitas Tertua di Dunia, Peringkat Pertama Berada di Maroko

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 21 Jul 2021 13:30 WIB
Universitas Al Azhar
Foto: Top Universities
Jakarta - Berbicara kampus terbaik, selalu muncul nama Universitas Harvard, Stanford, ataupun Oxford. Namun berbicara yang tertua, universitas mana saja yang termasuk dalam kampus tertua?


Banyak orang mungkin akan menyebut Universitas Oxford ataupun universitas lain yang berada di Eropa. Tapi ternyata universitas tertua bukan hanya di Eropa, lho.


Dikutip dari laman Top Universities , berikut ini daftar 10 universitas tertua di dunia:


1. University of Al-Qarawiyyin

Founded by a wealthy Tunisian woman, Fatima Alfehri, daughter of a rich merchant, Al Karaouine University and its affiliated mosque are among the world's oldest.Founded by a wealthy Tunisian woman, Fatima Alfehri, daughter of a rich merchant, Al Karaouine University and its affiliated mosque are among the world's oldest. Foto: iStock


Berumur hampir 12 abad, University of Al-Qarawiyyin menjadi kampus tertua di dunia. Kampus ini didirikan pada tahun 859 M dan berlokasi di Fez, Maroko.

Mulanya University of Al-Qarawiyyin merupakan masjid yang sering disebut Jami'ah Al-Qarawiyyin sebagai pusat pendidikan komunitas Muslim setempat.

Kajian ilmiah di masjid ini bahkan setara dengan tingkat perguruan tinggi. Karenanya, pada tahun 1998, The Guinness Book of Record mencatat Jami'ah Al-Qarawiyyin sebagai universitas tertua di dunia.


2. Universitas Al-Azhar

Universitas Al AzharUniversitas Al Azhar Foto: Top Universities


Meskipun tidak memperoleh status universitas sampai tahun 1961, Universitas Al-Azhar tetap menjadi salah satu kampus tertua di dunia yang didirikan pada awal 970 M di Kairo, Mesir.

Awalnya Universitas Al-Azhar pertama kali dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam dengan mengembangkan kurikulum modern mata pelajaran sekuler. Namun kini selain studi tradisional, sekolah ini juga menawarkan program dalam bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan pertanian.

Saat ini, Universitas Al-Azhar berada di peringkat 51-60 dalam Peringkat Universitas Wilayah Arab QS 2021.


3. University of Bologna

bolognabologna Foto: Top Universities


Kampus tertua lainnya adalah University of Bologna yang didirikan pada 1088 di kota Bologna Italia. Kampus ini sejak dahulu terkenal dengan studi doktor, namun kini sudah terdapat program studi lainnya.


University of Bologna berada di peringkat 160 menurut QS World University Rankings 2021.


4. University of Oxford

Oxford University sukses dinobatkan sebagai universitas paling top di dunia menurut Times Higher Education (THE).Oxford University sukses dinobatkan sebagai universitas paling top di dunia menurut Times Higher Education (THE). Foto: Carl Court/Getty Images


Berdiri di antara tahun 1096-1167, University of Oxford termasuk dalam salah satu kampus tertua di dunia. Kampus terbaik di Inggris ini juga terkenal dengan lulusan terbaiknya.


Sebut saja alumni yang berhasil menjadi Perdana Menteri Inggris, Uskup Agung Canterbury, santo, peraih Nobel, pemenang Hadiah Nobel dan satu gelar Sir. Salah satu alumni yang terkenal adalah Stephen Hawking.


University of Oxford berada di peringkat 2 menurut QS World University Rankings 2021.


5. Universitas Salamanca

Universitas SalamancaUniversitas Salamanca Foto: Universitas Salamanca


UniversitasSalamanca didirikan pada 1134 dan diberi Piagam Kerajaan pada 1218, menjadikannya institusi tertua di Spanyol, setelah UniversitasPalencia yang sekarang sudah tidak berfungsi.


Terletak di sebelah barat Madrid, Universitas Salamanca adalah institusi tempat Christopher Columbus mengajukan kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan dalam ekspedisi Hindia-nya di akhir abad ke-15.


Universitas Salamanca berada di peringkat 601-650 dari QS World University Rankings 2021.


6. Universitas Paris

Universitas ParisUniversitas Paris Foto: Top Universities


Kampus tertua selanjutnya ada Universitas Paris yang didirikan antara 1160 dan 1250 di ibu kota Prancis. Kampus ini juga dikenal sebagai 'la Sorbonne', atau salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa.


Universitas Paris hingga kini tersebar di seluruh kota dan dibagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970. Di antaranya ada Universitas Sorbonne (penggabungan baru Universitas Paris-Sorbonne dan Universitas Pierre dan Marie Curie) dan Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne.


7. University of Cambridge

University of CambridgeUniversity of Cambridge Foto: Top Universities


Didirikan pada 1209 oleh sekelompok sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik politik, Universitas Cambridge kini menempati peringkat ketujuh di dunia.

Cambridge menjadi kampus di Inggris yang hingga kini memiliki tradisi persaingan yang sehat dengan pendahulunya yakni Oxford.


8. Universitas Padua

University of PaduaUniversity of Padua Foto: Top Universities


UniversitasPadua atauUniversità diPadova atauUNIPD didirikan pada 1222 merupakan salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi .


Universitas Padua terkenal karena penelitian awal yang revolusioner dalam astronomi, hukum, kedokteran dan filsafat.


Saat ini Universitas Padua berada di peringkat 216 bersama dalam peringkat dunia, setelah naik 18 peringkat tahun ini.


9. Universitas Napoli Federico II

Universitas Napoli Federico IIUniversitas Napoli Federico II Foto: Top Universities


KampusNapoli Federico II didirikan pada 1224 oleh Frederick II, kaisar Kekaisaran Romawi Suci. Universitas ini terletak di Naples, kota terbesar ketiga di Italia dan satu salah satu kota tertua yang terus berpenghuni di dunia.


University of Naples Federico II menempati peringkat ke-392 bersama di peringkat dunia (naik 32 peringkat pada tahun 2021).


10. Universitas Siena

Universitas SienaUniversitas Siena Foto: Top Universities


Masih dari Italia, Universitas Siena yang terletak di kota kecil Siena di wilayah Tuscany adalah salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan tahun 1240 M.


Universitas Siena saat ini peringkat 651-700 di dunia (turun dari 601-700 pada tahun 2020).


Itulah 10 daftar kampus tertua di dunia. Meski Universitas Oxford termasuk dalam salah satunya, tapi ternyata universitas tertua berada di Maroko. Sekarang detikers jadi semakin tahu kan?



Simak Video "Momen Erick Thohir Melobi Indra Rudiansyah Peneliti Vaksin AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia