Mahasiswa Mau Rintis Usaha? Ikuti StartUP Campus Bisa Setara 20 SKS Lho!

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 06 Jul 2021 19:10 WIB
ilustrasi startup
Foto: Internet/Mahasiswa Mau Rintis Usaha? Ikuti StartUP Campus Bisa Setara 20 SKS Lho!
Jakarta - Fenomena startup atau perusahaan rintisan tengah menarik perhatian para anak muda. Nah, bagi kalian mahasiswa yang ingin memulai perusahaan rintisan bisa mencoba dengan mengikuti program StartUP Campus.

Program ini diinisiasi oleh Achmad Zaky Foundation bersama 500 startup lainnya dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Nantinya, mahasiswa yang mengikuti kegiatan akan dihitung setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

"Kepada mahasiswa yang memiliki ide, gagasan kreatif silahkan untuk bergabung dalam progam StartUp Campus 2021. Melalui kegiatan ini mahasiswa bisa merintis usahanya untuk menjadi founder dari perusahaan yang diimpikannya. Jangan lupa, mengikuti kegiatan ini juga setara dengan 20 SKS yang berlaku di semua kampus," kata Direktur Achmad Zaky Foundation Maryati.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan StartUp Campus memiliki arti penting dalam membangun entrepreneurship pada mahasiswa. Pasalnya, anak muda Indonesia memiliki potensi dan kreativitas yang luar biasa untuk membangun startup.

"Pemerintah akan mendukung penuh setiap inisiatif untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki bangsa ini, termasuk melahirkan startup - startup sociopreneur berstandar internasional. Kolaborasi yang ditunjukkan Ahmad Zaky Foundation dan para mitranya merupakan contoh positif bagi anak-anak muda Indonesia," ungkap Nizam.

Lebih lanjut, mahasiswa yang ingin mengikuti program startUP Campus harus membentuk tim yang terdiri dari 2 orang dengan ide startup yang baik sesuai kriteria. Adapun, ada tiga kriteria yang dinilai untuk memulai startup, yakni tolok ukur keberhasilan 15-30 tim on boarded, tingkat penyelesaian 80%, dan nilai evaluasi mentor harus mencapai skala 4 dari 5.

"Dengan kriteria tersebut diharapkan akan lahir inovasi-inovasi berbasis teknologi di masa depan yang berdaya guna tinggi," sambung Maryati.

Cara Daftar StartUP Campus

Mahasiswa yang tertarik bisa mendapatkan informasi pendaftaran secara online di alamat bit.ly/TimStartUp. Adapun, pendaftaran program ini dibuka mulai 1 - 15 Juli 2021 dengan tiga tahapan, yakni seleksi administrasi, penjelasan ide startup dan profil tim, serta wawancara.

Setelah lulus seleksi, para mahasiswa akan diberikan pelatihan, bimbingan dan interaksi dengan para pakar di dunia startup secara online. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan konten pembelajaran berkualitas tinggi, mentor dan tenaga pengajar di bidang startup.

Detikers, jangan lupa daftar program StartUP Campus ya!

Simak Video "Survei Populix Top 3 Startup di RI: Gojek, Tokopedia dan Traveloka"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia