Tips Potong Hewan Kurban saat Pandemi dari Pakar IPB Jelang Idul Adha 2021

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 18 Jun 2021 09:02 WIB
Gedung rektorat IPB
Foto: Gedung rektorat IPB (Dok. IPB)/Tips Potong Hewan Kurban saat Pandemi dari Pakar IPB Jelang Idul Adha 2021
Jakarta - Perayaan Idul Adha 2021 jatuh pada Selasa (20/7/2021). Menjelang hari raya tersebut, IPB University membagikan tips memotong hewan kurban saat pandemi COVID-19.

"Pemotongan hewan kurban di masa pandemi harus tetap mempertimbangkan pemotongan secara syar'i, menghasilkan daging yang aman, sehat, utuh, halal dan berkualitas," ujar Sekretaris Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan IPB Tuti Suryati.

Dikutip dari situs IPB, tips disampaikan dalam webinar hasil kerja sama Departemen INTP, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Halal Science Center (HSC) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University juga ikut dalam webinar ini.

Tips disampaikan Kepala HSC Khaswar Syamsu, Komisi Fatwa sekaligus Direktur Bidang Ekonomi Syariah MUI Amirudin Yakub, serta dosen Fakultas Kedokteran Hewan dan Ketua Tim Penyembelihan Halal HSC IPB Supratikno. Tips bisa diterapkan dengan mudah saat penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha 2021.

Berikut tips penyembelihan hewan kurban dari IPB

Khaswar menjelaskan, penyembelihan harus memotong tiga saluran dalam tubuh hewan. Ketiganya adalah saluran pernafasan, pencernaan, dan darah sehingga hewan bisa cepat meninggal dengan rasa sakit yang singkat.

Tips penyembelihan hewan kurban jelang Idul Adha 2021 di masa pandemi COVID-19, tentunya harus mempertimbangkan kebersihan hewan dan penyembelihnya. Berikut tipsnya:

1. Selalu cuci tangan, menggunakan masker, dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan

2. Perhatikan kebersihan dan penggunaan masker saat penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban

3. Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak cacat

4. Cukup umur, yaitu lebih dari 24 bulan untuk sapi dan minimal 12 bulan untuk kambing serta domba

5. tidak kurus yang dapat dilihat dari penonjolan tulang rusuk, bagian pinggang dan pinggul

6. Gunakan pisau yang tajam dan jangan menyembelih di depan hewan kurban lainnya.

Amirudin menyarankan panitia penyembelihan hewan kurban menyediakan fasilitas cuci tangan. Fasilitas ini memudahkan panitia dan masyarakat yang datang ke lokasi penyembelihan hewan kurban.

Sebagai agama yang sempurna, Islam telah mengatur cara memotong hewan kurban dengan detil dan baik. Islam menekankan pentingnya memenuhi kesejahteraan hewan kurban sebelum diambil dagingnya.

Semoga tips menyembelih hewan kurban jelang Idul Adha 2021 di masa pandemi COVID-19 dari pakar IPB, bisa memenuhi kewajiban muslim sekaligus kebaikan bagi hewan kurban.

Simak Video "Penjual Tusuk Sate dan Ketupat di Tasik Untung Gede Jelang Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia