Prodi Ilmu Komunikasi S1 STPMD 'APMD' Yogyakarta

Content Promotion - detikEdu
Minggu, 13 Jun 2021 09:07 WIB
Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD APMD
Foto: Dok. Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD "APMD"
Jakarta - Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD 'APMD' Yogyakarta berdiri sejak tahun 1987 dengan orientasi pada komunikasi pemberdayaan. Hal ini sesuai dengan visi dari Prodi Ilmu Komunikasi, yaitu menjadi pusat pengembangan komunikasi pemberdayaan masyarakat dan desa. Dengan status akreditasi B, Prodi Ilmu Komunikasi senantiasa meningkatkan kualitas akademik dan keterampilan teknis khususnya pada bidang komunikasi pemberdayaan di setiap kurikulumnya.

Beberapa mata kuliah yang ditawarkan antara lain, komunikasi pembangunan dan strategi pemberdayaan, komunikasi penyuluhan, sistem informasi desa, CSR, teknik fasilitasi, resolusi konflik, produksi siaran radio, produksi audio visual, produksi dokumenter, fotografi, jurnalistik, kuliah kerja media dan lain-lain. Dengan mata kuliah tersebut, mahasiswa diharapkan mempunyai semangat untuk pemberdayaan masyarakat dan selalu menyuarakan kepentingan masyarakat yang terpinggirkan (voicing the voiceless).

Sebagai pelopor komunikasi pemberdayaan, Prodi Ilmu Komunikasi mengedepankan proses pembelajaran partisipatif, dialogis dan praktis, baik di laboratorium maupun di lapangan (masyarakat). ProdiIlmu Komunikasi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan kualifikasi teknis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai program komunikasi pemberdayaan sehingga mampu menyokong penguatan masyarakat sipil (civil society).

Beberapa fasilitas pendukung dalam pembelajaran antara lain, laboratorium sosial dan komunikasi, ruang multimedia, studio radio ganesha FM, ruang editing, studio fotografi, laboratorium komputer dan lain-lain. Prodi Ilmu komunikasi didukung dengan staf pengajar yang kompeten dan berpengalaman baik S2 maupun S3, serta para praktisi bidang komunikasi. Profil lulusan prodi komunikasi antara lain, pemimpin daerah, pemberdaya masyarakat, jurnalis, fasilitator masyarakat, penyuluh, LSM, public relation officer, community organizer, BUMD, BUMN, akademisi, peneliti, ASN, polisi, broadcaster dan lain-lain.

"Kami mempunyai jaringan kerja sama yang luas dan tergabung dalam pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Komunikasi (ASPIKOM), aktif di berbagai kegiatan dan kunjungan ke berbagai media di Indonesia, serta dipercaya oleh banyak lembaga baik pemerintah pusat maupun daerah, LSM lokal maupun internasional serta berbagai perusahaan. Prodi Ilmu Komunikasi juga menjalin kerja sama dengan desa mitra di Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul dalam melaksanakan program-program penelitian dan pengabdian berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat desa. Prodi Komunikasi responsif dalam isu sosial, lingkungan dan kemanusiaan bersama para alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia," demikian pernyataan resmi STPMD 'APMD'.

Mari bergabung dengan Prodi Ilmu Komunikasi STPMD 'APMD', info lebih lanjut kunjungi: http://ikom.apmd.ac.id,https://youtu.be/crl1CnY-vcE, dan https://youtu.be/CPX5YiUF9_U atau http://stpmd.apmd.ac.id Untuk pendaftaran klik https://bit.ly/ppmb-apmd. (ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia