Mahasiswa FISIP Universitas Jember Bisa Kuliah di 8 PTN Ini Mulai Semester Depan

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 14 Mei 2021 12:01 WIB
Universitas Jember
Foto: Yakub Mulyono/Mahasiswa FISIP Universitas Jember Bisa Kuliah di 8 PTN Ini Mulai Semester Depan
Jakarta - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) berksempatan mengambil kuliah di 8 PTN di Indonesia. Kebijakan ini berlaku mulai semester depan.

Dekan FISIP Unej, Djoko Poernomo menjelaskan bahwa program yang diterapkan ini selaras dengan gagasan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim tentang Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Dalam Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang dikeluarkan oleh Dikti Kemdikbud RI, tertera bahwa program studi di universitas berperan dalam beberapa hal sebagai berikut:

1. Menyusun dan menyesuaikan kurikulum dengan model implementasi kampus merdeka.

2. Memfasilitasi mahasiswa yang akan mengambil pembelajaran lintas prodi dalam perguruan tinggi.

3. Menawarkan mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa di luar prodi dan luar perguruan tinggi beserta persyaratannya.

4. Melakukan ekuivalensi mata kuliah dengan kegiatan pembelajaran luar prodi dan luar perguruan tinggi.

5. Jika ada mata kuliah/SKS yang belum terpenuhi dari kegiatan pembelajaran luar prodi dan luar perguruan tinggi, disiapkan alternatif mata kuliah daring.

Kembali lagi pada program lintas PTN yang akan dimulai oleh FISIP Unej, daftar perguruan tinggi negeri yang menjalin kerja sama dengan FISIP Unej ini adalah sebagai berikut:

1. FISIP Universitas Lampung

2. FISIP Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

3. FISIP Universitas Sam Ratulangi Manado

4. FISIP Universitas Sriwijaya Palembang

5. FISIP Universitas Nusa Cendana Kupang

6. FISIP Universitas Bangka Belitung

7. FISIP Universitas Bengkulu

8. FISIP Universitas Palangkaraya

Dikutip dari laman resmi Unej, kedelapan universitas yang menjalin kerja sama dengan FISIP Unej tersebut diungkapkan dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) virtual antara ketua prodi FISIP Unej dengan FISIP Universitas Lampung, pada hari Senin (10/05/2021).

"Bahkan khusus kerjasama dengan FISIP Universitas Sriwijaya sudah berjalan untuk semester ini, sudah ada dosen kami yang memberikan kuliah secara daring ke mahasiswa FISIP Universitas Sriwijaya dan sebaliknya," ujar Djoko Poernomo, Dekan FISIP Universitas Jember.

Sikap saling setuju dalam kerja sama ini juga diungkapkan oleh Wakil Dekan I FISIP Universitas Lampung, Dedi Hermawan. Baginya, pandemi memang membatasi gerak, namun juga memperluas peluang kerja sama.

"Kerjasama ini tidak hanya terbatas pada program studi yang sama di masing-masing fakultas, namun terbuka dengan program studi yang berbeda. Misalnya di FISIP Universitas Lampung tidak memiliki Program Studi Kesejahteraan Sosial sementara di FISIP Universitas Jember belum ada Program Studi Ilmu Pemerintahan. Diharapkan kerjasama kali ini akan menjadi pintu bagi kerjasama lain yang lebih luas," jelas Dedi.

Kerja sama agar mahasiswa FISIP Unej bisa kuliah di kedelapan PTN lain ini akan mulai berlaku sejak perkuliahan semester depan atau gasal 2021/2022.

Simak Video "Jember Sempat Dikepung Banjir, Kini Surut-Warga Bersih-bersih Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia