UMN-IABHI Sepakati Kerja Sama Kembangkan Bangunan Hijau

Abu Ubaidillah - detikEdu
Jumat, 07 Mei 2021 15:08 WIB
UMN
Foto: dok. UMN
Jakarta - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI) menjalin kerja sama tentang pembangunan bangunan hijau berkelanjutan. Kerja sama ditandai penandatanganan MoU oleh Rektor UMN, Ninok Leksono dan Ketua IABHI, Bintang Nugroho.

Ketua IABHI, Bintang Nugroho mengatakan kerja sama ini didasari visi yang sama dengan UMN, yakni untuk mengembangkan bangunan hijau dan menjunjung profesionalisme ahli bangunan hijau. Selain itu kolaborasi ini juga merupakan awal yang baik dengan gelar gedung UMN sebagai kampus hijau.

"Kami di IABHI yakin di sinilah kolaborasi dengan Universitas Multimedia Nusantara mendapatkan pijakannya untuk melesat, menembus tantangan keberlanjutan hidup di planet bumi satu-satunya ini, yaitu terjadinya inovasi informasi yang menggugah revolusi menuju peradaban berkelanjutan. Bangunan kampus UMN yang didedikasikan sebagai kampus hijau jelas menjadi teladan yang sangat mengilhami tentang penerapan hidup peduli berkelanjutan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5/2021).

Rektor UMN, Ninok Leksono mengatakan keberadaan bangunan hijau bisa menjadi salah satu kontribusi untuk mengurangi emisi karbondioksida. Ia juga mengatakan keberadaan profesi ahli bangunan hijau akan menempati posisi penting untuk keberlanjutan peradaban.

Adapun penandatanganan MoU ini dilakukan secara virtual melalui Zoom dilanjutkan dengan webinar Green Talk - Profesi Praktisi Bangunan Hijau 'Berkarier di Dunia Bangunan Hijau'. Dalam webinar tersebut, Facilities Management Colliers International Indonesia, T. M. Zulfadly menyampaikan optimismenya terhadap keberlanjutan jenjang karir di bangunan hijau.

Zulfadly mengatakan setiap perusahaan membutuhkan ahli bangunan hijau agar lebih hemat biaya energi. Selain itu menurutnya para investor dan berbagai kebijakan juga sudah mulai peka terhadap aspek lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Umum IABHI, Dian Fitria mengatakan kemajuan teknologi dan informasi saat ini akan semakin membuka peluang karir di bidang bangunan hijau.

"Jadi, perkembangan teknologi segala macam dan kebutuhan sustainability akan menjadi niscaya gitu. Sebagai mahasiswa harus bisa bersiap diri sehingga waktu terjun ke area kerja global maupun lokal sudah bisa," ujar Dian.

Simak Video "Dosen Pembunuh Wanita Berjilbab dalam Mobil Terancam Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia