Pesan Sri Mulyani di Hadapan 2.397 Wisudawan PKN STAN 2022

Pesan Sri Mulyani di Hadapan 2.397 Wisudawan PKN STAN 2022

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 03 Okt 2022 20:00 WIB
Sri Mulyani di wisuda PKN STAN, 3 Oktober 2022.
Sri Mulyani di wisuda PKN STAN, 3 Oktober 2022. Foto: Kemenkeu Foto/KLI/Anas
Jakarta -

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN mewisuda 2.397 wisudawan pada Senin, (3/10/2022). Wisuda ini salah satunya dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani menuturkan, lulusan PKN STAN adalah pengelola keuangan negara, terlepas dari apapun tugas dan penempatannya. Untuk itu, belajar di masa pandemi menjadi salah satu ujian integritas bagi semua mahasiswa karena kesempatan untuk berbuat curang atau menguntungkan diri sendiri terbuka lebar.

"Saya anggap kalian lulus tidak hanya mendapatkan gelar saja, namun merupakan saringan integritas yang sangat baik. Jaga integritas itu," tuturnya, dikutip dari akun Instagram resmi PKN STAN.

Dalam akun pribadinya, Sri Mulyani berpesan pada para wisudawan PKN STAN bahwa pengelola keuangan negara adalah orang yang harus bisa dipercaya dan jujur.

"Pengelola keuangan negara adalah manusia yang harus bisa dipercaya. Itu adalah ultimate currency dari pengelola keuangan negara," kata Sri Mulyani dalam cuplikan video pidatonya di wisuda PKN STAN.

"Nilai fundamental seorang bendahara negara, di mana pun kalian ditempatkan. Currency itu, nilai utamanya adalah kejujuran yang kalian tadi sudah diuji," sambungnya.

Pesan Sri Mulyani untuk Wisudawan PKN STAN

Sri Mulyani juga berpesan agar para wisudawan PKN STAN dapat menjaga pikiran maupun tidak memecah belah bangsa.

"Jangan pernah diisi dengan bibit kebencian, permusuhan, dan keinginan untuk berbuat buruk. Bersihkan pikiran kalian, karena itulah yang akan menentukan perilaku dan karakter kalian. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia!" tulisnya.

Sri Mulyani turut mengutip semboyan yang diusung Ki Hajar Dewantara yakni Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani agar diterapkan para wisudawan PKN STAN calon pengelola keuangan negara.

"Kalau kalian di depan, kalian jadi teladan. Kalau kalian di tengah, kehadiran kalian membangun semangat dan ikut di dalam teamwork, sinergi. Kalau kalian di belakang, kalian mendukung secara tulus. Jadilah pemimpin yang senantiasa belajar dan menjadi sinar harapan bagi bangsa Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menuturkan rasa bangga atas kesempatan melihat langsung para wisudawan di Wisuda Akbar PKN STAN 2022yang diselenggarakan secara fisik setelah melalui proses kompetisi dan belajar sebagai mahasiswa di tengah pandemi.

"Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati PKN STAN. Selamat memasuki dunia kerja dan membaktikan diri dengan memberikan yang terbaik untuk negara dan bangsa kita. Ingatlah sebagai pengelola keuangan negara, Ultimate Currency kita adalah kejujuran!," tegasnya.



Simak Video "Soal Badai PHK, Sri Mulyani Sebut PPh Karyawan Tumbuh Signifikan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia