Pelatihan Coding Gratis buat Siswa SMK, Mahasiswa, dan Guru Vokasi, Ikut Yuk!

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 08 Des 2021 10:00 WIB
Ilustrasi coding, ilustrasi teks editor
Pelatihan coding gratis, mau? Foto: Photo by Sai Kiran Anagani on Unsplash
Jakarta - Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan platform pembelajaran coding daring Progate membuka pendaftaran pelatihan coding gratis untuk 2.500 siswa SMK, mahasiswa vokasi, dan guru vokasi se-Indonesia. Pendaftaran dibuka hingga 10 Desember 2021.

Sederhananya, coding adalah kegiatan menulis kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Coding memungkinkan kamu untuk meminta komputer melakukan sesuatu sesuai instruksi, mulai dari membuat apps, game, memproses data, membuat website, dan lain-lain.

Program pelatihan coding Ditjen Vokasi dan Progate ini akan berlangsung daring selama tiga minggu, mulai tanggal 13-30 Desember 2021. Dalam program ini, peserta bisa memilih dua modul pelatihan coding, yaitu front-end dengan Javascript dan data dengan Python. Peserta juga akan mendapat rangkaian seminar tentang karir di dunia teknologi.

Country Manager Progate Indonesia Norman Ganto mengatakan, terlepas dari latar belakang pendidikan apa pun, ilmu coding dapat dipelajari oleh siapa saja. Sementara itu, bagi yang tertarik berkarir di dunia teknologi, sambung Norman, ilmu coding dari pelatihan ini bisa jadi bekal untuk menggeluti profesi data scientist hingga software engineer.

Sebagai informasi, World Economic Forum (WEF) melalui laporan Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja Tahun 2020-2025 memprediksi data analyst dan data scientist sebagai profesi yang paling banyak dicari di tahun 2025.

"Tersedianya lebih banyak tenaga kerja untuk industri digital dapat mempermudah investor untuk meluaskan bisnisnya di Indonesia. Kita berharap, jumlah perusahaan teknologi akan meningkat dan akselerasi pertumbuhan ekonomi digital dapat segera tercapai," kata Norman.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemdikbudristek Saryadi mengajak siswa SMK dan mahasiswa perguruan tinggi vokasi untuk mengikuti pelatihan ini selagi mengisi waktu luang menyambut libur antar semester. Ia menuturkan, kebutuhan Indonesia atas banyak talenta digital dan kerjasama dengan pihak swasta bisa mendorong lahirnya talenta muda dunia teknologi.

"Kami harap pelatihan coding ini dapat terselenggara secara berkala agar dapat menjangkau lebih banyak anak bangsa," ucap Saryadi.


Syarat Pendaftaran Pelatihan Coding

Kelas pelatihan coding Ditjen Vokasi dan Progate berlangsung 30-60 menit per hari. Berikut syarat daftarnya:

  • - Dibuka untuk jurusan apapun
  • - Harus memiliki akses komputer dan internet
  • - Tidak menggunakan VPN atau proxy
  • - Pengguna baru Progate
  • - Hanya boleh pilih satu modul
  • - Pastikan email sudah benar dan mengecek informasi dari email secara berkala
  • - Peserta yang lulus akan mendapat sertifikat dan akses gratis tambahan Progate

Nah, siswa SMK, mahasiswa vokasi, dan guru yang ingin mengikuti program pelatihan coding ini bisa mengisi formulir pendaftaran secara langsung DI SINI . Yuk daftar!

Simak Video "Lihat Pelatihan yang Dilakukan Astronaut Sebelum ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia