Dear Siswa, Ini 5 Kebiasaan Positif Orang Jepang yang Harus Ditiru

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 06 Des 2021 19:00 WIB
Ibukota Jepang, yakni Tokyo memang salah satu kota tersibuk dengan aktifitasnya. Salah satunya di Shibuya Crossing atau Perempatan Shibuya merupakan salah satu tempat paling ramai di Tokyo. Ratusan atau mungkin ribuan orang menyebrang secara bersama-sama dalam waktu sepersekian detik. Shibuya Crossing ini diapit beberapa gedung dengan layar tivi super besar. (Rengga Sancaya/detikcom).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata Jepang? Sushi, Anime, Manga, Sakura? Selain hal-hal tersebut ternyata Jepang memiliki banyak hal menarik yang dapat ditiru, salah satunya adalah kebiasaan.

Berikut adalah kebiasaan positif orang Jepang yang harus ditiru. Penjelasan ini dikutip dari laman Binus:

1. Gemar Membaca

Menurut survei, orang Jepang sangat menyukai membaca. Jika kalian ke Jepang, kalian akan menemukan masyarakat Jepang yang menghabiskan waktunya dengan membaca kapan pun dan di mana pun.

Kebiasaan gemar membaca di Jepang disebut dengan Tachiyomi, yaitu membaca buku gratis sambil berdiri di toko buku. Selain itu, di Jepang juga ada kewajiban 10 menit membaca buku untuk anak-anak sekolah, dan layanan home shopping untuk pembelian buku.

2. Tepat Waktu

Orang Jepang sangat menghargai waktu sehingga mereka dikenal sebagai warga negara yang disiplin dan tertib dengan semua hal. Salah satu contohnya adalah perusahaan kereta api pernah meminta maaf secara resmi dan tertulis karena mengalami keterlambatan selama 25 detik dari jadwal keberangkatan.

Wah sungguh tepat waktu sekali ya detikers!

3. Menjaga Kebersihan

Orang Jepang sangat menjaga kebersihan. Hampir setiap sudut kota Jepang selalu bersih, tertata, dan rapi.

Hal tersebut dikarenakan pemerintah mengatur kebersihan secara jelas melalui perangkat hukum yang berlaku di negara tersebut. Di Jepang membuang sampah sembarangan merupakan tindak kriminal dan layak dipidana.

Menjaga kebersihan di Jepang juga sudah ditanamkan sejak dini. Anak-anak sudah dibiasakan membersihkan tempat makan, toilet, dan kelas sendiri secara bergotong royong.

4. Menyukai Transportasi Umum

Walaupun Jepang adalah produsen kendaraan terbesar di Asia, namun penduduk di sana lebih memilih bepergian dengan tranportasi umum, sepeda, atau jalan kaki. Sehingga tingkat kemacetan juga sangat rendah.

Alasan orang Jepang menyukai tranportasi umum adalah kenyamanan daan keamanannya, mahalnya biaya parkir kendaraan pribadi, tingginya biaya pajak mobil, dan rumitnya proses pembuatan Surat Izin Mengemudi di Jepang.

5. Tertib dan Sopan

Orang di Jepang sangat tertib dalam mengantre dan mendahulukan orang-orang tua, serta sopan. Hal ini terlihat dengan orang Jepang yang membungkuk sembari memberikan salam.

Itulah kebiasaan positif orang Jepang yang dapat kalian tiru detikers. Jangan lupa diterapkan ya!



Simak Video "Ada Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang, Ini Syarat dan Fasilitasnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia